Jakarta (ANTARA News) - Juara Eropa 2016, Portugal, menyudahi perlawanan Latvia dengan skor kemenangan 4-1 pada laga keempat Kualifikasi Piala Dunia 2016 di Stadion Do Algarve, Senin pagi WIB.

Gol kemenangan pasukan Fernando Santos dicetak kapten Cristiano Ronaldo (2 gol), William Carvalho, dan Bruno Alves. Sedangkan gol Latvia Arturs Zjuzins pada awal babak kedua.

Kemenangan ini menjaga posisi Portugal di peringkat dua grup B dengan perolehan 9 poin, selisih tiga poin dari Swiss di puncak klasemen. Portugal harus menjaga performa positif karena Hongaria terus membuntuti dari posisi tiga dengan tujuh poin.

Pada jalannya pertandingan, Portugal unggul 1-0 berkat eksekusi penalti Cristiano Ronaldo menyusul pelanggaran bek Latvia, Freimanis, yang menjatuhkan Nani di kotak terlarang pada menit 28.

Portugal mendapatkan penalti untuk kedua kalinya akibat pelanggaran Kluskins terhadap Andre Gomes. Sayang, sepakan 12 pas Cristiano Ronaldo tidak berbuah gol karena bola membentur mistar gawang pada menit 60.

Latvia mengejutkan Portugal lewat gol penyama kedudukan yang dicetak Arturs Zjuzins pada menit 68 yang bermula dari sebuah umpan spekulasi yang diselesaikan Zjuzins ke sudut kanan gawang Patricio pada menit 68.

Namun Portugal kembali unggul lewat aksi William Carvalho yang menyambut umpan akurat Ricardo Quaresma pada satu menut setelah gol Latvia.

Quaresma yang masuk pada awal babak kedua menjadi kunci kemenangan Portugal karena umpan kedua yang dilepaskan pemain klub Turki, Besiktas, langsung dimaksimalkan Ronaldo menjadi gol pada menit 85.

Tandukan bek senior Portugal, Bruno Alves, usai menyongsong umpan Raphael Guerreiro menutup laga untuk kemenanagn 4-1 Portugal, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Portugal (4-3-3):
Patricio; Cancelo, Fonte, Bruno Alves, Guerreiro; William Carvalho, Andre Gomes, Joao Mario (Gelson Martin); Nani (Quaresma), Ronaldo, Andre Silva.

Latvia (4-4-2): Vanins; Freimanis, Jagodinskis, Gorkss, Maksimenko; Gabovs, Tarasovs, Laizans, Kluskins; Rudnevs, Ikaunieks (Arturs Zjuzins).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016