Jakarta (ANTARA News) - Duchess of Cambridge Kate Middleton mengunjungi Natural History Museum di Inggris pada Selasa waktu setempat menjelang tur pendidikan nasional yang dikenal dengan pameran Dippy si diplodocus, genus dinosaurus sauropod diplodocid yang sudah punah.

Selama 40 tahun, kerangka diplodocus dengan tinggi 4,25 meter dan panjang 21 meter itu adalah pemandangan pertama yang menyambut para pengunjung museum saat melewati pintu utama di Cromwell Road, London.

Kerangka dengan 292 tulang itu dihadirkan di museum oleh industrialis Amerika kelahitan Skotlandia, Andrew Carnegie, tahun 1905, namun baru dipajang di aula depan pada 1979.

Hari terakhir Dippy dalam pameran London adalah 4 Januari tahun depan dan para konservator selanjutnya akan menghabiskan 12 bulan mempersiapkan perjalanan kerangka itu.

Secara keseluruhan, kerangka Dippy akan berkeliling ke delapan tempat berbeda di Inggris, dan mengakhiri perjalanan di Norwich pada 2020.

"Kami ingin Dippy mengunjungi tempat tidak biasa sehingga dia bisa menarik perhatian orang yang biasanya tidak berkunjung ke museum," kata Direktur Museum Sir Michael Dixon seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Membuat item ikonik bisa diakses orang sebanyak-banyaknya adalah hal yang ingin museum lakukan pada bangsa, jadi kami memastikan Dippy akan bisa bebas dilihat di semua tempat perhentian tur," imbuh dia dalam pernyataan pers.

Diplodocus
pertama kali diperkenalkan sebagai jenis baru dinosaurus pada 1878 oleh Profesor Othniel C. Marsh di Yale University. Spesies herbivora ini hidup antara 156 dan 145 juta tahun lalu dan termasuk dalam kelompok yang disebut sauropod, yang berarti "kaki kadal".

Selama kepergian Dippy, museum berencana mengisi sela seukuran dinosaurus di pintu masuk utama dengan kerangka paus berusia 100 tahun.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016