Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Vietnam lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 dalam laga kedua di Grup B, dipantau Antara dari Jakarta melalui laman resmi Federasi Sepakbola ASEAN (AFF), Rabu.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Thuwunna, Myanmar, Rabu sore, Vietnam unggul berkat gol semata wayang gelandang Nguyen Trong Hong di menit ke 80.

Hasil tersebut membuat Vietnam memuncaki klasemen sementara Grup B dengan nilai enam dari dua pertandingan.

Sementara Malaysia, yang sebelumnya memimpin klasemen, turun ke posisi kedua dengan nilai tiga, hasil satu kemenangan kala melawan Kamboja.

Dua tim lain, Myanmar dan Kamboja yang masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat dan sama-sama berpoin nol, akan melakoni pertandingan pada pukul 19.00 WIB.

Berikutnya, pada Sabtu (26/11), Vietnam berjumpa dengan Kamboja dan Malaysia menghadapi tuan rumah Grup B, Myanmar.

Meskipun sudah memastikan lolos ke semifinal, belum dapat dipastikan tim yang berhak menyandang status juara Grup B karena tiga tim lainnya masih berpeluang lolos sekaligus melampui perolehan poin Vietnam, dengan catatan Vietnam kalah di pertandingan terakhir dan ada tim lain yang melampaui selisih gol anak asuh Nguyen Huu Thang.

Kelolosan Vietnam ke semifinal membuat mereka menjadi tim kedua yang melakukannya di turnamen setelah Thailand di Grup A, yang pada Selasa (22/11) mengalahkan Singapura dengan skor 1-0.

Tim nasional Indonesia sendiri masih harus berjibaku dengan lebih keras jika mau melangkah ke semifinal dari Grup A, setelah pada Selasa, ditahan imbang 2-2 oleh Filipina.

Kemenangan atas Singapura pada Jumat (25/11) pun menjadi sebuah keharusan. Namun itu tidak akan berarti bagi Tim Garuda jika di saat yang sama Filipina berhasil mengalahkan Thailand.

Indonesia hanya bisa melenggang ke empat besar kalau menang dari Singapura, sementara Filipina seri atau kalah kala berhadapan dengan Tim Gajah Putih.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016