Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mempercepat pembangunan akses jalan menuju "Kendari Newport" di Bungkutoko.

Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Senin, mengatakan jalan sepanjang kurang lebih dua kilometer itu sudah mulai dikerjakan dan diupayakan selesai sampaibakhir tahun ini dengan kondisi diaspal.

"Pembangunan akses tersebut sebagai bentuk dukungan Pemkot Kendari terhadap pembangunan mega proyek pelabuhan yang akan dibangun oleh PT Pelindo di Bungkutoko yang sering disebut dengan Kendari Newport," katanya.

Ia mengatakan, tujuan percepatan agar mobilitas peralatan dan bahan kebutuhan bangunan menuju lokasi pembangunan pelabuhan tersebut bisa lancar.

"Dana sudah siap, sehingga pasti akan tuntas sebelum akhir tahun atau sebelum pihak Pelindo memulai pekerjaan mega proyek terminal Pelabuhan Kendari Newport," katanya.

Disebutkan, untuk membangun akses jalan menuju Kendari Newport tersebut, pemerintah Kota Kendari menganggarkan Rp93 miliar.

"Dana Rp93 miliar tersebut adalah bagian dari tambahan dana alokasi khusus (DAK) bagi Pemkot Kendari dari pemerintah pusat dengan total Rp108 miliar," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016