Selasa, 26 September 2017

Din Syamsudin: kampanyekan Islam toleran

| 5.075 Views
Din Syamsudin: kampanyekan Islam toleran
Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
London (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mantan Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Din Syamsuddin mengharapkan komunitas Muslim Indonesia mengkampanyekan model Islam Indonesia berkemajuan, toleran dan damai di tengah masyarakat Inggris yang majemuk.

Hal itu disampaikan Din Syamsudin saat bersilaturahim dengan Perwakilan Pengurus Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) United Kingdom bersama Dubes Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Dr. Rizal Sukma, demikian Ketua Bidang Ekonomi Pengurus Cabang Muhammadiyah di UK, Aviandi Okta yang tengah menuntut ilmu di University of Reading, kepada Antara London, Senin.

Dalam pertemuan dengan Komunitas Muhammadiyah dan dihadiri Zaki Arrobi yang menuntut ilmu di University of Essex serta Muhammad Ayyub dari SOAS, Din Syamsudin berpesan agar model "Islam Berkemajuan" dapat mewarnai masyarakat Inggris.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Din mengutarakan apresiasinya kepada komunitas Indonesia dan juga Muhammadiyah yang menjadi duta bangsa di Inggris. Dia berpesan pada komunitas Muslim Indonesia agar mampu mengkampanyekan model Islam Indonesia yang berkemajuan, toleran dan damai di tengah masyarakat Inggris yang majemuk.

Dunia Barat perlu mengenal dan mempelajari lebih jauh Islam Indonesia yang terbukti mampu berjalan beriringan dengan demokrasi dan kemajemukan.

Din menambahkan umat Islam dan bangsa Indonesia menunggu kontribusi pelajar yang sedang melanjutkan studi di tanah Britania.

Kehadiran Din Syamsuddin di Inggris usai memberikan ceramah keagamaan di komunitas Indonesia di Jerman.

Sementara itu, Ketua Bidang Ekonomi Pengurus Cabang Muhammadiyah di UK, Aviandi Okta, menjelaskan berbagai kegiatan yang dilakukan komunitas Muhammadiyah dan perkembangan terkini Islam di Inggris.

"Komunitas Muhammadiyah di Inggris selama ini secara aktif mengadakan berbagai kegiatan sebagai ajang silaturahim sesama anggota sekaligus turut mewarnai diskursus keislaman di Inggris," ujar kandidat doktor dari University of Reading ini.

Dikatakannya komunitas Muhammadiyah di Inggris selama ini aktif dalam memberikan sumbangsih gagasan terhadap persoalan di level nasional maupun global.

PCIM di Inggris saat ini dipimpin Zain Maulana, kandidat doktor ilmu hubungan luar negeri di University of Leeds. Selain komunitas Muhammadiyah, pertemuan ini juga dihadiri Dubes Indonesia untuk Kerajaan Inggris, Dr. Rizal Sukma dan komunitas Indonesia yang tinggal di London.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga