Jakarta (ANTARA News) - Maskapai nasional Garuda Indonesia akan melayani penerbangan Jakarta-Mumbai, India (PP) mulai pekan depan, yaitu 12 Desember 2016.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan diluncurkannya layanan penerbangan Jakarta - Mumbai tersebut sejalan dengan upaya Garuda Indonesia dalam memperkuat jaringan penerbangan khususnya pada market regional Asia.

"Pembukaan rute baru ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan antar kedua negara," katanya.

Benny mengatakan layanan penerbangan Jakarta - Mumbai PP tersebut akan beroperasi sebanyak tiga kali seminggu dengan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 156 tempat duduk (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi).

Dia menambahkan Penerbangan Jakarta - Mumbai (via Bangkok) tersebut merupakan salah satu wujud dari program pengembangan jaringan (network) penerbangan Garuda Indonesia di kawasan Asia, khususnya untuk di kawasan Asia bagian selatan (Mumbai).

Kota Mumbai merupakan salah satu pusat perekonomian terpadat di India, dan memiliki produk domestik bruto (PDB) tertinggi dari kota manapun di Asia Selatan, Barat, atau Tengah.

Benny berharap dengan dilayaninya penerbangan Jakarta - Mumbai vv (via Bangkok) dapat memberikan ragam pilihan penerbangan bagi masyarakat di India yang hendak bepergian ke beberapa kota besar di Indonesia, khususnya ke Jakarta, Denpasar, Surabaya dan Medan.

"Kini masyarakat di India dapat dengan mudah untuk mengakses penerbangan ke Indonesia melalui kota Jakarta, dengan waktu transit yang begitu singkat di Bangkok. Kami yakin penerbangan Jakarta - Mumbai merupakan pasar yang potensial bagi kami," katanya.

Dia menyebutkan wisatawan India yang datang ke Indonesia pada 2015 lalu mencapai 270.000 orang dan pada akhir 2016 ini mencapai 350.000 orang dengan jumlah wisatawan India yang terus meningkat di setiap tahunnya.

"Dibukanya rute penerbangan Jakarta - Mumbai tersebut juga diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan India melalui pengembangan basis konektivitas kedua negara yang dapat mendukung peningkatkan aktivitas perekonomian, pariwisata, serta sosial budaya," katanya.

Selain India, Garuda Indonesia juga telah melayani penerbangan dari Jakarta ke berbagai negara di kawasan Asia lainnya, diantaranya ke Singapura, Malaysia (Kuala Lumpur), Thailand (Bangkok), China (Beijing, Guangzhou, Shanghai), Korea Selatan (Seoul), Jepang (Tokyo, Osaka) dan Arab Saudi (Jeddah, Madinah).

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016