Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menurunkan tim Garuda Jaya di ajang Kejuaraan Voli Asia U-20 atau AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024.

Sebelum mengikuti ajang AVC Asian Volleyball Championship U-20, tim Garuda Jaya yang berisikan mayoritas pemain di bawah usia 20 tahun akan dicoba mengikuti kompetisi Proliga 2024.

"Persiapan tim sudah siap, makanya kita ikutkan Proliga, itu untuk uji coba. Kalau kita tidak masuk final four, kita sudah mendapatkan 12 kali main itu sudah luar biasa melawan tim-tim kuat. Itu sama saja dengan uji coba ke luar negeri malahan ini lawannya lebih kuat, 12 kali main," ujar Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo kepada pewarta, Jumat.

Imam Sudjarwo menjelaskan tim Garuda Jaya hanya diproyeksikan untuk mengikuti ajang AVC Asian Volleyball Championship U-20 yang berlangsung di di Surabaya pada 23 sampai 30 Juni mendatang. Menurut Imam, kecil kemungkinan tim Garuda Jaya menjadi wakil Indonesia pada gelaran AVC Challanger Cup 2024 karena memang tim muda hasil seleksi kejuaraan nasional (kejurnas) tersebut tidak dipersiapkan untuk kompetisi lain.

Baca juga: PBVSI akan turunkan timnas putra dan putri di AVC Challange Cup 2024

Tim Merah Putih saat ini tergabung di pul A bersama dengan Arab Saudi dan masih menunggu dua calon lawan di pul A yang masih menjalani kualifikasi di zona timur dan zona Oseania.

Skuad Garuda Muda akan mendapati calon lawan dari zona barat di antaranya Hong Kong, Makau, dan Mongolia. Sedangkan di zona Oseania terdapat Australia dan Selandia Baru.

Sedangkan di pul B, terdapat pertarungan sengit antara juara bertahan dan juara dua kali berturut-turut Iran bertemu dengan peroleh empat kali juara Tiongkok dan dua tim kuda hitam Taiwan dan Qatar.

Lalu di pul C terdiri dari India, lalu finalis pada turnamen edisi sebelumnya Bahrain, Bangladesh, Kuwait, dan peraih gelar juara tiga kali Jepang.

Juara di tiga edisi turnamen, Korea Selatan yang tergabung dengan Thailand dan dua negara yang berebut tiket kualifikasi di zona tengah dan zona tenggara bakal tergabung di pul D.

Baca juga: Peringkat voli putra Indonesia naik ke posisi 52 dunia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024