Beirut, Lebanon (ANTARA News) - Kelompok ISIS menewaskan sedikitnya 34 anggota pasukan pemerintah Suriah dalam serangan terhadap posisi rezim di provinsi pusat Homs, Kamis (8/12), menurut kelompok pengawas.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia juga melaporkan bahwa 22 warga sipil tewas dalam serangan udara di area kekuasaan ISIS di Suriah utara.

ISIS melancarkan serangan serentak di dekat ladang minyak dan gas Mahr dan Shaar dan di tempat lain di padang gurun di Homs timur, kata kelompok pengawasan yang berbasis di Inggris itu, yang sebelumnya memberikan laporan 26 korban tewas dari pasukan pro-rezim.

"ISIS mampu mengendalikan tujuh pos pemeriksaan dan posisi lain yang dikuasai pasukan pemerintah, yang terpaksa mundur di tengah bentrokan sengit," kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

ISIS pernah menguasai beberapa kota kunci di Homs, termasuk kota tua Palmyra, tetapi didorong mundur dari daerah gurun di timur provinsi tersebut.

Mereka saat ini kerap menyerang posisi militer terpencil di area itu, serta ladang minyak yang dikuasai pemerintah.

Beberapa bagian utara Homs dikuasai oleh beragam kelompok pemberontak, tapi pemerintah menguasai sisa wilayah provinsi itu.

Observatorium menentukan pesawat-pesawat pihak mana yang melancarkan serangan berdasarkan tipe, lokasi, pola serang dan mesiu yang terlibat.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016