Melbourne (ANTARA News) - Turnamen grand slam Australia Terbuka meningkatkan total hadiah uang sebesar 14 persen dan menjadi rekor senilai 50 juta dolar Australia (36,19 juta dolar AS), dengan 3,7 juta dolar Australia diperuntukkan bagi pemenang nomor tunggal, penyelenggara mengatakan pada Rabu.

Hadiah uang untuk pembukaan grand slam musim ini melonjak lebih dari tiga kali lipat sejak tahun 2001, dan meningkat 10 juta dolar Australia sejak 2014.

Direktur turnamen Craig Tiley mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelenggaraan difokuskan pada peningkatan kompensasi hadiah bagi pemain di babak awal dan kualifikasi, dengan pemain yang kalah di putaran pertama akan mendapat 50 ribu dolar Australia, naik 30 persen dari tahun lalu.

Demikian pula, hadiah uang untuk petenis yang melaju ke putaran dua juga meningkat 29 persen menjadi 80 ribu dolar Australia, dengan petenis yang kalah di putaran ketiga dan keempat mendapatkan masing-masing 130 ribu dan 220 ribu dolar Australia. Total hadiah uang untuk perempat final, semifinal, runner up dan juara naik 9 persen.

Australia Terbuka akan dimulai pada 16 Januari di Melbourne. Demikian laporan Reuters.

(Uu.D011/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016