Magelang (ANTARA News) - Bus pariwisata PO Trans Jaya dengan nomor polisi AB-7799-BS mengangkut rombongan wisatawan dari Yogyakarta mengalami kecelakaan tunggal masuk ke persawahan di Dusun
Plalar Desa Pakis Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin sore, diduga akibat rem blong.

Dalam kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa, namun puluhan penumpang mengalami luka-luka yang kemudian dilarikan ke sejumlah rumah sakit, yakni RST dr Soedjono, RSUD Tidar Kota Magelang, RSJ Prof Dr Soerojo, dan RSI MAgelang.

Bus yang dikemudikan Haryono, warga Wirosaban, Yogyakarta dengan membawa rombongan sebanyak 47 orang tersebut, mengalami kecelakaan saat pulang dari Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang.

Dalam kecelakaan tersebut, bus sempat menghantam pohon, namun terus meluncur hingga masuk di lokasi persawahan sedalam kurang lebih 14 meter dari jalan.

Warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut terus berdatangan untuk memberikan pertolongan. Kebetulan juga ada rombongan PMI yang melintas, mereka pun terus menghentikan mobil dan bersama warga serta personel Satlantas Polres Magelang dan personel Koramil Pakis, mengevakuasi korban.

Kasat Lantas Polres Magelang AKP Didi Dewantara mengatakan berdasarkan pemeriksaan di lokasi kejadian dan keterangan kernet, bus diduga mengalami rem blong.

"Berdasarkan keterangan saksi dan pemeriksaan di lokasi diduga bus mengalami rem blong. Sebelum masuk di lahan pertanian, bus sempat menghantam pohon di pinggir jalan," ucapnya.

Menurut dia korban yang rata-rata mengalami luka ringan dilarikan menuju empat rumah sakit.

"Kami masih melakukan pendataan korban yang berada di empat rumah sakit. Pendataan kami, korban luka mencapai 41 orang," imbuhnya.


Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016