Ternate (ANTARA News) - Sejumlah pemasok mengakui cuaca buruk dalam sepekan terakhir menghambat pengiriman berbagai kebutuhan pokok ke Ternate, Maluku Utara (Malut), terutama dari Manado dan Jawa ke Kota Ternate.

"Karena cuaca buruk, sehingga stok kebutuhan yang ada sedikit mengalami keterlambatan, dengan begitu, jika stoknya terus mengalami keterlambatan, maka harga-harga barang pokok bisa saja mengalami kenaikan, karena kekurangan stok," kata Ketua Asosiasi Pemasok Kota Ternate, Nursidik di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, jika kondisi seperti ini maka kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan, karena stok kebutuhan pokok yang saat ini mengalami sedikit gangguan keterlambatan seperti tomat, wortel, kol dan lainnya dan itu semua merupakan bahan-bahan pokok yang biasa sangat dibutuhkan di Kota Ternate.

Namun, keterlambatan ini diharapkan tidak terlalu memberi dampak pada harga barang, sebab saat ini stok yang ada masih juga dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Sehingga masyarakat jangan terlalu mengkhawatirkannya, namun jika terus menerus terjadi, ditakutkan akan memberikan dampak langsung terhadap harga barang.

"Mungkin karena saat ini angin ke utara, sehingga dari tujuan Manado ke Ternate mengalami sedikit terlambatan, apalagi jika kapal membawa barang-barang yang banyak, itu berarti mereka juga harus mengatur kecepatan dan siap-siap menghindar jika mengalami cuaca yang buruk dalam perjalanan," ujarnya.



Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017