Jakarta (ANTARA News) - Pebulutangkis ganda campuran Tontowi Ahmad batal memperkuat tim Indonesia di Asia Mixed Team Championships 2017 menyusul kondisinya yang belum pulih benar dari sakit typhus.

Dengan mundurnya Tontowi, posisinya yang berpasangan dengan Gloria Emanuelle Widjaja di Asia Mixed Team Championships 2017 pun, akhirnya digantikan oleh Edi Subaktiar.

"Diagnosa sementara typhus. Tapi hari ini kondisi sudah membaik dan besok sudah bisa mulai latihan. Namun Tontowi belum bisa bertanding karena masih masa pemulihan," kata dokter PP PBSI Michael Triangto, seperti dilansir dari laman resmi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Kamis.

Atlet yang akrab disapa Owi itu memutuskan mundur dari gelaran tersebut karena menderita sakit demam tepat sebelum jadwal pertandingannya di Thailand Masters 2016, Minggu (5/2) kemarin.

Kendati ada perubahan, Manajer tim Indonesia Lius Pongoh mengatakan hal tersebut tidak akan berpengaruh terlalu signifikan, pasalnya Edi/Gloria sudah pernah lama berpasangan.

"Owi akan digantikan oleh Edi Subaktiar, karena kondisinya tidak memungkinkan. Dia harus pulih dulu baru bisa main lagi. Nggak bisa dipaksakan. Lebih baik Owi istirahat dan melakukan persiapan untuk All England nanti," kata Lius.

"Kondisinya tidak akan terlalu berpengaruh. Karena Owi sama Gloria kan pasangan baru juga, sementara dengan Edi sudah pernah berpasangan. Jadi istilahnya posisinya sama aja," tambah Lius.

Diketahui, Asia Mixed Team Championships 2017 akan berlangsung di kota Ho Chi Minh, Vietnam, pada 14-19 Februari 2017 mendatang.

Adapun susunan tim Indonesia di Asia Mixed Team Championships 2017 adalah:

1. (Tunggal Putra) Muhammad Bayu Pangisthu, Firman Abdul Kholik
2. (Tunggal Putri) Hanna Ramadini, Gregoria Mariska
3. (Ganda Putra) Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, Ade Yusuf
4. (Ganda Putri) Anggia Shitta Awanda, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Tiara Rosalia Nuraidah, Rizki Amelia Pradipta
5. (Ganda Campuran) Edi Subaktiar, Gloria Emanuelle Widjaja, Alfian Eko Prasetya, Annisa Saufika

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017