Jakarta (ANTARA News) - Kejuaraan futsal, Bolalob FFI U-20 Championship 2017 yang bakal digelar di GOR Pasar Minggu, Jakarta, 25-31 Maret akan dijadikan sebagai ajang penjaringan pemain timnas U-20 yang dipersiapkan turun pada Piala AFC 2017.

Sekjen Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edy Prasetyo di Jakarta, Kamis mengatakan pemantauan pemain  bakal dilakukan langsung oleh pelatih timnas futsal Victor Herman karena pelatih asal Belanda ini akan melihat secara langsung kondisi pemain saat turun di kompetisi.

"Sebenarnya nama-nama telah disodorkan oleh tim talent. Tapi pelatih tidak menerima begitu saja. Dia ingin  melihat secara langsung termasuk di Bolalob FFI U-20 ini," katanya di sela persiapan kejuaraan yang bakal diikuti 15 tim U-20 itu.

Edy menjelaskan, timnas yang dipersiapkan untuk Piala AFC sebenarnya sudah mulai menjalani pemusatan latihan nasional nasional di Yogjakarta. Namun, turnamen Bolalob ini dinilai penting untuk dipantau karena pelatih akan mencari kembali pemain muda lagi demi melengkapi yang ada saat ini.

"Promosi degradasi memang dilakukan. Jadi pemain terbaik di turnamen ini bisa saja bergabung dengan pemain lain yang saat ini sudah masuk pelatnas," kata Edy menambahkan.

Apa yang dilakukan FFI bersama dengan pelatih timnas ini bukan tanpa alasan karena turnamen U-20 ini diikuti oleh pemain-pemain muda yang dimiliki oleh klub yang selama ini turun di kompetisi profesional. Selain itu turnamen ini juga dijadikan tolak ukur perkembangan pemain muda Indonesia.

Ke-15 tim yang bakal berlaga di Bolalob FFI U-20 Championship 2017 ini diantaranya adalah Permata Indah Manokwari, Biangbola FC, Giga FC, My Futal Antam, IPC Pelindo II, Kamiada FC, Bintang Timur Surabaya, Kaimana FC Papua Barat hingga Black Steel Manokwari.

Turnamen ini juga dipastikan bakal berlangsung seru karena selain ajang penjaringan pemain timnas juga ada uang tuan yang bakal diperebutkan. Total hadiah kejuaraan yang didukung penuh oleh air mineral Prim-A sebesar Rp50 juta. Tim yang bersaing juga bakal mendapatkan subsidi sebesar Rp5 juta.

Sementara itu, Co-Founder PT GVM Networks selaku operator turnamen, Indra Bigwanto mengatakan salah satu alasan kenapa pihaknya menggelar turnamen yang akhirnya mendapatkan dukungan penuhi dari FFI karena ini mempopulerkan olahraga futsal di Indonesia.

"Kami ingin futsal sama populernya dengan bulu tangkis. Makanya kami berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan turnamen ini," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, turnamen Bolalob FFI U-20 Championship 2017 ini merupakan awal. Kedepan, kata dia, ada kemungkinan turnamen ini akan dilakukan dengan jumlah tim yang lebih besar serta jenjang yang berbeda dibandingkan yang digelar saat ini.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017