Jakarta (ANTARA) -
Kompetisi futsal antar-pelajar besutan by.U kembali hadir pada 2024 dan kini menggandeng klub futsal milik pesohor Atta Halilintar, Pendekar United.
 
Turnamen ini akan menerapkan lima series, yang mayoritas dimainkan di Pulau Jawa. Kelima series itu adalah Jawa Barat Series, Jawa Timur Series, Jawa Tengah Series, Jakarta Series, dan Outer Jawa Series.
 
Head of by.U Riko Ringgoanto menilai bahwa kali ini merupakan tahun ketiga perusahaannya menggulirkan turnamen antar pelajar tingkat SMP dan SMA.
 
“Jadi kita ingin memberikan wadah yang benar-benar positif untuk anak muda di Indonesia, untuk menyalurkan hobinya, untuk menyalurkan potensinya. Jadi kami sediakan wadah, di mana mereka bisa menggunakan wadah ini sebagai kendaraan untuk lebih mengembangkan hobinya di dunia olahraga,” ujar Riko pada konferensi pers.
 
Pada tahun ini, perjalanan roadshow Piala by.U 2024 akan dimulai dengan Jawa Barat Series (Februari-Oktober), Jawa Timur (Agustus-September), Jawa Tengah (September-Oktober), Outer Jawa Series ((Juli-Oktober), dan ditutup dengan Jakarta Series (Oktober-November).
 
Secara keseluruhan, turnamen ini akan digelar di 19 lokasi di seluruh Indonesia, dan diperkirakan melibatkan lebih dari 912 sekolah di 82 kabupaten/kotamadya.
 
Pemilik Pendekar United Atta Halilintar menyambut hangat keberadaan kompetisi futsal pelajar ini, karena menilai futsal merupakan olahraga yang sangat merakyat di Indonesia.
 
“Di riset internasional, negara kita ini termasuk pencinta futsal tiga besar di dunia. Bahkan media-media futsal Indonesia itu termasuk followernya terbanyak di dunia. Kenapa itu bisa terjadi? Karena hampir semua sekolah SMP dan SMA negeri atau swasta, punya lapangan futsal dan basket,” ujarnya.
 
Tim pemenang kompetisi di setiap series akan menerima piala, medali, sertifikat, dan uang pembinaan. Para pemain juga berkesempatan dilirik oleh para pencari bakat Pendekar United, untuk kemudian para pemain terbaik yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk ikut dalam pelatihan bersama Pendekar United, serta mengikuti pertandingan bersama klub milik Atta Halilintar itu.
 
Hal lain yang juga menjadi pembeda turnamen futsal ini dengan turnamen-turnamen futsal lainnya adalah pertandingan-pertandingan ini akan disiarkan secara langsung di portal by.U, IndiHome, dan channel Youtube Goal Kampung.

Baca juga: 12 tim bersaing perebutkan gelar SuperSoccer Euro Futsal Championship
Baca juga: Indocement gelar turnamen futsal peringati Hari Bangun Indonesia
Baca juga: EA Sports FC Mobile selesaikan turnamen futsal antar SMA Jabodetabek

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024