Dengan kerja sama ini, Aceh bisa mengirimkan mahasiswa maupun tenaga medis untuk belajar kesehatan di Universitas Aberdeen. Sebaliknya, kami akan mengirim dosen dan mahasiswa untuk penelitian di Aceh."
Banda Aceh (ANTARA News) - Universitas Aberdeen, Skotlandia, menjalin kerja sama dengan tiga universitas negeri dan tiga rumah sakit milik pemerintah daerah di Provinsi Aceh.

Kerja sama di bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia sektor kesehatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara para pihak di Gedung DPR Aceh di Banda Aceh, Rabu.

Adapun universitas negeri yang menjalin kerja sama dengan Universitas Aberdeen, yakni Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Universitas Malikulsaleh di Lhokseumawe, dan Universitas Teuku Umar di Meulaboh, Aceh Barat.

Sedangkan rumah sakit yang bekerja sama dengan universitas tertua di Inggris Raya tersebut yakni Rumah Sakit Zainoel Abidin, Rumah Sakit Ibu dan Anak, serta Rumah Sakit Jiwa. Ketiga rumah sakit itu berada di Banda Aceh.

Kerja sama tersebut difasilitasi Komisi VI DPR Aceh yang membidangi pendidikan dan kesehatan. Penandatanganan turut disaksikan ketua dan sejumlah Komisi I DPR Aceh.

Kepala Pendidikan Transnasional dan Hubungan Asian Universitas Aberdeen Prof Richard mengatakan, kerja sama di bidang kesehatan ini akan menguntungkan para pihak.

"Dengan kerja sama ini, Aceh bisa mengirimkan mahasiswa maupun tenaga medis untuk belajar kesehatan di Universitas Aberdeen. Sebaliknya, kami akan mengirim dosen dan mahasiswa untuk penelitian di Aceh," kata dia.

Prof Richard menyebutkan, dipilihnya Aceh untuk menjalin kerja sama karena permasalahan kesehatan di provinsi ujung barat Pulau Sumatra itu berbeda dengan di Skotlandia.

Selain itu, lanjut dia, kerja sama ini juga sejalan dengan strategis internasional Universitas Aberdeen yang ingin mengembangkan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, terutama di bidang kesehatan.

"Tidak hanya di Aceh, kami juga ingin menjalin kerja sama pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan ini dengan negara-negara lainnya di dunia. Termasuk di Afrika," kata Prof Richard.

Ketua Komisi VI DPR Aceh T Iskandar Daod memberi apresiasi Universitas Aberdeen yang menjalin kerja sama dengan tiga universitas negeri dan tiga rumah sakit di Aceh.

"Kami juga meminta universitas dan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Universitas Aberdeen menindaklanjutinya dengan serius. Ini kesempatan bagi Aceh membangun sektor kesehatannya agar lebih maju," kata T Iskandar Daod.

Pewarta: M Haris SA
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017