Jakarta (ANTARA News) - Balap trail modern, 76 Trial Game Asphalt, dimulai hari ini di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, sebagai Special Race sebelum tiga seri lagi di kota lainnya.

Seperti namanya, Trial Game Asphalt, merupakan balap motor trail di lintasan aspal. Tapi, lebih dari itu bahwa ajang ini merupakan kombinasi trial game dan supermoto, kata penyelenggaranya Genta Auto & Sport dalam pernyataan persnya.

Beberapa regulasi dan peraturan lomba pada Trial Game Asphalt mengadopsi dari regulasi supermoto. Artinya, baik spesifikasi kendaraan, kelas-kelas yang dipertandingkan dan tata cara perlombaan menyerupai supermoto, namun dengan tantangan berbeda.

Selain Special Race, rencananya Trial Game Asphalt juga menjadwalkan tiga seri lainnya yang akan diadakan di lintasan full aspal.

“Kenapa kami memilih aspal, selain untuk mengantisipasi hujan, juga sulit menemukan lintasan yang lengkap aspal sekaligus tanah,” kata Tjahyadi Gunawan dari Genta Auto & Sport, promotor nasional untuk 76 Trial Game Asphalt.

Menurut Tjahyadi, 76 Trial Game Asphalt juga akan digelar pada malam hari. Alasannya, penonton akan merasa lebih nyaman duduk di tribun, adem dan bisa menikmati.

“Kami tidak sekedar menggelar event semata, sebisa mungkin harus ada unsur entertainment-nya,” tambah Tjahyadi.

Dengan diselenggarakannya 76 Trial Game Asphalt diharapkan bisa memfasilitasi pebalap-pebalap yang berlaga baik di motocross, grasstrack ataupun balap motor atau road race.

Beberapa pebalap ternama Tanah Air sudah menyatakan akan menjadi bagian dari 76 Trial Game Asphalt, di antaranya adalah Ivan Harry Nugraha, crosser asal Solo, kemudian pebalap supersport Gerry Salim.

“Akan menjadi pengalaman pertama bertanding di lintasan aspal dengan motor trail, tentunya sangat antusias, jadi tak sabar untuk segera bertanding,” ucap Ivan Harry.

“Saya latihan Supermoto di Jepang, sebenarnya lebih ke skill dan mental supaya lebih matang pas balap di lintasan. Saat itu tunggangan saya CRF 450 dan cukup sulit juga untuk mengendalikannya,” kata Gerry Salim.

Setelah di Solo, seri satu 76 Trial Game Asphalt akan dilangsungkan di Lapangan Kanjuruhan Malang pada 25-26 Agustus, seri dua di Mandala Krida Yogyakarta 20-21 Oktober, dan seri tiga 24-25 November di GOR Satria Purwokerto.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017