Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putri Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari menjadi asa terakhir Indonesia dalam putaran dua kejuaraan bulu tangkis Asia 2017 di sektor tersebut setelah menumbangkan duet Taiwan Lin Xiao Min/Wu Fang Chien.

Dalam pertandingan putaran pertama kejuaraan Asia 2017 yang dilangsungkan di Wuhan Sports Center Gymnasium, Hainan, China, Rabu, Della/Rosyita berhasil menundukkan Lin/Wu dua gim langsung dalam waktu 35 menit.

Laman tournamentsoftware yang dipantau di Jakarta, mencatatkan, walau sempat bermain ketat di awal gim pertama, Della/Rosyita berhasil menahan laju poin Lin/Wu di angka dua untuk melaju meraih tiga poin berturut-turut menjadikan kedudukan 5-2.

Meskipun pasangan Taiwan kembali mengumpulkan angka, mereka tidak mampu menyusul, bahkan mendekati poin duet Tanah Air yang akhirnya memenangkan gim pertama dengan skor 21-11.

Menang di gim pembuka, membuat Della/Rosyita langsung tancap gas dengan mengumpulkan empat poin beruntun di awal gim kedua.

Walau Lin/Wu mendekati poin pasangan Indonesia 13-16, mereka tidak bisa membendung dulangan poin Della/Rosyita yang akhirnya memastikan kemenangan dengan memenangkan gim kedua 21-16.

Di putaran dua nanti, Della/Rosyita akan menghadapi laga berat kala bersua pasangan Korea Selatan berperingkat empat dunia, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan yang menumbangkan duet India Jakkampudi Meghana/Poorvisha S Ram 21-11, 21-16 di putaran pertama.

Dari rekor pertemuan keduanya, Della/Rosyita masih kalah dengan mengumpulkan dua kemenangan hasil dari pertemuan di Bonny China Masters 2016 dan Prancis Terbuka 2016, berbanding tiga kemenangan pasangan Jung/Shin di Korea Masters 2015, Makau Terbuka 2015 dan All England 2016.

Kemenangan Della/Rosyita ini juga menjadikan Indonesia masih memiliki peluang untuk meraih gelar di sektor ganda putri Kejuaraan Asia 2017 setelah dua wakil ganda putri lainnya, Nisak Puji Lestari/Meirisa Cindy Sahputri dan Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta gagal melaju ke putaran dua.

Nisak/Cindy menyerah dari pasangan tuan rumah, Huang Yaqiong/Tang Jinhua dengan skor 17-21, 15-21. Sementara Tiara/Rizki tumbang di tangan pasangan Korea Selatan Kim Hye Rin/Yoo Hae Won 21-17, 21-17.

(T.R030/R010)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017