Cedera Butet (Liliyana) belum pulih sehingga kami memutuskan untuk mengganti posisinya dengan Gloria (Emanuelle Widjaja)."
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) mengumumkan skuat yang akan diturunkan untuk turnamen Piala Sudirman pada 21-28 Mei 2017, namun tanpa ada peraih emas olimpiade Rio de Janeiro 2016 Liliyana Natsir.

"Cedera Butet (Liliyana) belum pulih sehingga kami memutuskan untuk mengganti posisinya dengan Gloria (Emanuelle Widjaja)," kata Manajer Tim Piala Sudirman Indonesia Susy Susanti dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Pemain ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani juga tidak terdaftar dalam skuat itu, lanjut Susy, karena kondisi yang bersangkutan dinilai masih belum 100 persen fit akibat cedera lutut ditambah dalam beberapa turnamen sebelumnya Ketut pernah mengalami sesak nafas.

"Hasil rapat tim memutuskan untuk memilih pemain muda Apriani Rahayu, menggantikan posisi Ketut," ujarnya.

Untuk kejuaraan beregu campuran bergengsi yang akan dilangsungkan di Gold Coast, Australia itu, PBSI secara total menyiapkan sebanyak 20 atlet yang terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri untuk memperkuat tim Merah-Putih di luar kedua nama di atas, termasuk ganda putra papan atas Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di tim inti.

Di nomor putra, sektor tunggal putra mengirimkan dua wakilnya, sedangkan ganda putra punya tiga pasangan yang siap diturunkan.

"Kuota di ganda putra memang lebih banyak karena nomor ini adalah nomor andalan kami untuk menyumbang angka, istilahnya ganda putra wajib menang. Sedangkan tunggal putra masih 50-50 peluangnya. Adapun di tim putri beda lagi, melihat susunan tunggal putri yang ada tiga pemain, kami pilih berdasarkan persiapan strategi dan data head to head dengan lawan," kata Susy yang juga merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI itu.

Sebelumnya, Susy menyebut tim piala Sudirman Indonesia ditargetkan minimal bisa menembus putaran semifinal dalam kejuaraan dua tahunan itu, dengan pertimbangan peringkat pemain Indonesia, capaian prestasi terakhir dan data saat ini yang menyebutkan tim Merah Putih ada di urutan 5-8 dalam daftar unggulan.

"Kami menargetkan babak semifinal, tetapi tentunya kami berharap bisa lebih dari itu," tutur Susy.

Terkait dengan target tersebut dan peluang untuk mencapainya, baik pihak PBSI ataupun Susy Susanti tidak membalas pesan singkat ataupun menjawab panggilan telepon Antara untuk memberikan komentar.


Baca juga: (PBSI berharap DSL jadi bekal atlet muda)

Baca juga: (PBSI prioritaskan tambahan atlet tunggal putra)


Susunan Tim Indonesia yang akan diberangkatkan ke turnamen Piala Sudirman 2017 adalah:

Manajer Tim : Susy Susanti


Putra

1. Jonatan Christie

2. Anthony Sinisuka Ginting

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo

4. Marcus Fernaldi Gideon

5. Ricky Karanda Suwardi

6. Angga Pratama

7. Mohammad Ahsan

8. Rian Agung Saputro

9. Tontowi Ahmad

10. Praveen Jordan


Putri

1. Fitriani

2. Dinar Dyah Ayustine

3. Gregoria Mariska Tunjung

4. Greysia Polii

5. Della Destiara Haris

6. Rosyita Eka Putri Sari

7. Anggia Shitta Awanda

8. Apriani Rahayu

9. Debby Susanto

10. Gloria Emanuelle Widjaja



Pelatih Teknik

1. Hendry Saputra

2. Minarti Timur

3. Herry Iman Pierngadi

4. Eng Hian

5. Richard Mainaky



Pelatih Fisik

1. Felix Ary Bayu Marta

2. Ary Subarkah

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017