Jakarta (ANTARA News) - PB PBSI menyebutkan target realistis yang bisa dicapai pada Piala Sudirman 2017 kali ini. Walau susunan tim nasional berubah, target realistis itu adalah sampai semifinal saja.

"Kalau berubah, saya rasa tidak ya. Kami tetap pasang tembus ke semifinal, kami berusaha positif saja dengan persiapan untuk setiap sektornya. Jadi masing-masing punya tanggung jawab dan juga punya fokus untuk masing-masing poin," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susi Susanti, di Cipayung, Jakarta, Sabtu.

Indonesia akan berlaga dalam kejuaraan campuran beregu yang digelar di Carrara Sport and Leisure Centre in Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei 2017 tanpa diperkuat peraih medali emas ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Liliyana Natsir dan pemain ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istirani karena masih berkutat dengan cedera.

PB PBSI berharap tim Indonesia bisa menunjukkan soliditas, kekompakan, dan lebih termotivasi untuk bisa memberikan terbaik.

"Memang secara ranking kita sebetulnya di unggulan lima atau delapan tapi tetap saya bilang minimal target kita harapkan semifinal. Pasalnya, untuk turnamen beregu sendiri, Indonesia beberapa kali sebagai underdog tapi kami bisa melewati target, mudah-mudahan kami berharap kali ini juga demikian," ujar dia.

Indonesia baru memenangi satu kali gelar Piala Sudirman, yaitu saat pertama kali turnamen bergengsi ini digelar. Selanjutnya prestasi terbaik Indonesia hanya ada di peringkat dua pada 1991, 1993, 1995, 2001, 2005 dan 2007.

Yang terbaru dalam edisi 2015 Indonesia hanya menjadi semifinalis setelah dikalahkan China 3-1 yang di akhir kejuaraan menjadi juara selepas menumbangnkan Jepang 3-0.

"Memang untuk Sudirman Cup kita baru mendapat satu kali. Namun tidak ada yang tidak mungkin, saya melihatnya bahwa selama pertandingan itu belum selesai kesempatan masih tetap ada dan kami akan berusaha semaksimal mungkin," ucap dia.

Walau kali ini andalan Indonesia ada di sektor ganda campuran dan putra yang diisi pemain-pemain papan atas dunia, mantan peraih medali olimpiade Barcelona 1992 itu berharap sektor lainnya bisa ikut mencuri poin dari lawan-lawannya.

"Karenanya tim akan mengatur strategi penempatan pemain secara head to head, kesiapan bertanding serta mental dari pemainnya sendiri," kata Susanti.

"Seperti ketika lawan India kami harap ganda putri yang ambil poin lalu ketika lawan Denmark tunggal putri yang kami harapkan. Pun demikian skuat yang terbentuk ini sudah melalui berbagai pertimbangan matang seluruh tim pelatih dan menjadi yang terbaik dari Indonesia," kata dia.

Skuat yang dipilih PB PBSI untuk berlaga di Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, adalah

Manajer Tim: Susi Susanti

Putra:
1. Jonatan Christie
2. Anthony Sinisuka Ginting
3. Kevin Sanjaya Sukamuljo
4. Marcus Fernaldi Gideon
5. Ricky Karanda Suwardi
6. Angga Pratama
7. Mohammad Ahsan
8. Rian Agung Saputro
9. Tontowi Ahmad
10. Praveen Jordan

Putri
1. Fitriani
2. Dinar Dyah Ayustine
3. Gregoria Mariska Tunjung
4. Greysia Polii
5. Della Destiara Haris
6. Rosyita Eka Putri Sari
7. Anggia Shitta Awanda
8. Apriani Rahayu
9. Debby Susanto
10. Gloria Emanuelle Widjaja

Pelatih Teknik
1. Hendry Saputra
2. Minarti Timur
3. Herry Iman Pierngadi
4. Eng Hian
5. Richard Mainaky

Pelatih Fisik
1. Felix Ary Bayu Marta
2. Ary Subarkah.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017