Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja belum menemukan pola permainan terbaik saat tampil dalam partai pembuka menghadapi Thailand pada fase grup Piala Sudirman 2023, Kamis.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Suzhou, China, timnas bulu tangkis Indonesia tertinggal 0-1 setelah Dejan/Gloria kalah dari Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 17-21, 19-21.

"Tadi di gim pertama saat sudah unggul 11-5, kami kurang mengantisipasi perubahan pola permainan lawan. Saat tersusul, permainan kami tidak jalan dan jadi bingung sendiri," ujar Dejan lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Tak hanya pada gim pertama, permainan Dejan/Gloria juga belum bisa meredam kekuatan lawan. Saat unggul 17-12, duo Indonesia justru bermain terlalu berhati-hati.

"Ketika lawan mengubah pola permainan, kami sebenarnya sudah mengantisipasi. Cuma permainan kami terlalu hati-hati," kata Dejan menambahkan.

Baca juga: Timnas bulu tangkis lolos perempat final Piala Sudirman

Sementara itu, Gloria mengaku banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga sangat merugikan karena sudah unggul atas Dechapol/Sapsiree.

"Tadi saya masih banyak mati sendiri. Ada beberapa kali pukulan saya lewat. Ketika ada kesempatan untuk mendapatkan poin, pukulan saya malah keluar," Gloria menceritakan.

Secara teknik, Gloria dan Dejan cukup percaya diri menghadapi lawan yang memiliki peringkat di atas mereka. Bahkan perlawanan sengit sudah mereka lakukan pada kedua gim.

Sayangnya Dechapol/Sapsiree masih terlalu alot untuk dikalahkan sehingga mereka gagal menyumbang poin pertama bagi Skuad Merah Putih setelah berjuang selama 49 menit.

"Secara keseluruhan kami sebenarnya masih bisa memberikan perlawanan. Meskipun pasangan Thailand itu memiliki ranking dan prestasi di atas kami, di tengah lapangan kami masih bisa melawan. Hanya, mungkin belum jalannya saja kami bisa menang dan sumbang poin," ungkapnya.

Gloria mengaku cukup kecewa pada penampilannya hari ini, apalagi mereka baru kali pertama debut sebagai pasangan pada Piala Sudirman.

"Ini pertandingan pertama kami di Piala Sudirman. Meskipun belum berhasil menyumbangkan poin bagi Indonesia, paling tidak kami sudah berjuang dan memberikan yang terbaik," tutur pebulu tangkis eks-Pelatnas Cipayung itu.

Baca juga: Indonesia tekuk Jerman 4-1 lewat ganda putri Apri/Fadia
Baca juga: Indonesia kehilangan poin usai Leo/Daniel kalah di partai keempat

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023