Washington (ANTARA News) - Para anggota legislatif menuntut informasi lebih lengkap dari pemerintah Donald Trump menyangkut memo yang menyebutkan dia pernah meminta mantan direktur FBI James Comey untuk menghentikan penyelidikan terhadap kaitan mantan penasihat keamanan nasional Gedung Putih Michael Flynn dengan Rusia.

Kabar Trump pernah meminta Comey menutup penyelidikan kaitan Michael Flynn dengan Rusia itu merangkai dengan satu pekan gonjang ganjing di Gedung Putih setelah Trump memecat Comey dan kemudian membocorkan informasi keamanan nasional yang sensitif mengenai ISIS kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Memo Comey yang pertama kali diwartakan oleh New York Times itu menimbulkan pertanyaan mengenai apakah Trump berusaha mengintervensi penyelidikan oleh FBI.

Gedung Putih sendiri membantah memo Comey itu sebagai penggambaran yang tidak akurat dari pertemuan yang terjadi antara Comey dan Trump pada Februari itu.

Flynn mundur Februari silam setelah ketahuan pernah membahas sanksi AS kepada Rusia dengan duta besar Rusia sebelum Trump dilantik. Dia juga telah menyesatkan Wakil Presiden Mike Pence atas pembicaran dengan Rusia itu.

Memo Comey itu mendorong Kongres memperkuat keinginan membentuk investigasi independen terhadap hubungan tim kampanye Trup dengan Rusia, selain meminta Comey bersaksi di parlemen, demikian Reuters.


Baca juga: (Heboh di AS, Trump bocorkan rahasia negara kepada Menlu Rusia)

Baca juga: (AS heboh lagi, memo ungkap Trump minta FBI tutup kasus Rusia)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017