BUMN akan terus memberikan dukungan bagi para petani agar bersemangat lagi mengembangkan bawang putih."
Lombok Timur (ANTARA News) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyerahkan bantuan senilai Rp2,49 miliar yang bersumber dari program tanggung jawab sosial perusahaan untuk mengembalikan kejayaan petani bawang putih di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur, Rabu.

Rini Soemarno mengatakan Kabupaten Lombok Timur, khususnya daerah Sembalun memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih.

"Namun, dewasa ini potensi Sembalun tertutup oleh berubahnya fungsi lahan pertanian dari bawang putih ke komoditas yang dianggap lebih menjanjikan oleh masyarakat setempat," katanya.

Saat ini, menurut dia, tingkat konsumsi bawang putih di Indonesia, mencapai 400.000 ton per tahun.

Dengan luas lahan pertanian bawang putih saat ini seluas 2.563 hektare, dinilainya, produksi bawang putih baru mencapai 20.295 ton per tahun.

Dengan demikian, Rini menyatakan, kapasitas produksi bawang putih dalam negeri belum mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat.

"Untuk itulah Kementerian BUMN bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersinergi dalam rangka mendorong dan membangun kejayaan Sembalun menjadi sentra bawang putih nasional," katanya.

Bantuan senilai Rp2,49 miliar tersebut bersumber dari dana program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sejumlah BUMN, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pupuk Indonesia, Angkasa Pura II, Sang Hyang Seri, Bulog dan Pertani.

Jenis bantuan yang diberikan berupa bantuan pembuatan sumur bor dan sepeda motor roda tiga dari PT BNI sebanyak lima unit, sepeda motor roda tiga dari PT Pupuk Indonesia sebanyak lima unit, serta penyerahan sekaligus praktik penggunaan kartu tani dari PT BRI.

PT BRI juga memberi bantuan renovasi rumah dinas guru SDN 03 Sembalun Bumbung, dan PT Bank Mandiri merenovasi kelas SDN 02 Sembalun Bumbung.

Selain itu, Perum Jamkrindo membantu taman bacaan di SDN 03 Sembalun Bumbung, Seluruh kegiatan pembangunan itu sudah rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat.

Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan kepada petani di Kabupaten Lombok Timur berupa 20 cultivator, dua traktor besar beroda empat, 10 traktor roda dua dan 16 pompa air.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Kementerian Perdagangan juga menyerahkan bantuan kepada para petani.

"BUMN akan terus memberikan dukungan bagi para petani agar bersemangat lagi mengembangkan bawang putih. BUMN juga bersinergi dengan Kementan dan Kementerian Desa untuk mengembalikan kejayaan Sembalun," demikian Rini Soemarno.

Pewarta: Awaludin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017