Pontianak (ANTARA News) - Ribuan Umat Muslim Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar Pawai Taaruf 1001 Obor keliling kota itu dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Ketua Panitia Pawai Taaruf 1001 Obor, Raka di Pontianak, Rabu malam, mengatakan tujuan dilakukannya pawai obor tersebut untuk menyatukan Umat Muslim Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

"Selain itu, juga untuk mengangkat kembali budaya Umat Muslim sebelumnya, dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, dengan pawai keliling menggunakan obor," ungkapnya.

Ia menambahkan, pawai obor tersebut, dilakukan secara spontanitas oleh Umat Muslim Kota Pontianak, yang ramai diikuti mulai dari anak-anak, remaja dan para orang tua.

Ribuan Umat Muslim Kota Pontianak, sebelum pawai akbar keliling kota itu, sebelumnya melakukan shalat berjamaah di Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Setelah selesai shalat Isya berjamaah, mereka dengan dipandu oleh pihak panitia secara tertib turun ke jalan sambil membawa obor yang terbuat dari bambu dan diisi minyak dan dan sumbu, dan mengumandangkan kalimat-kalimat takbir dan zikir.

Pawai Taaruf 1001 Obor tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Adapun Rute dari Pawai Takaruf Akbar tersebut mulai dari depan Masjid Raya Mujahidin Pontianak di Jalan Ahmad Yani, kemudian tembus ke Jalan Johar, Jalan Gusti Sulung Lelanang, dan kembali lagi ke Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di depan Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Sementara itu, Andri salah seorang peserta pawai obor mengatakan, kegembiraannya mengikuti pawai obor tersebut.

"Dengan begini kita sesama Umat Muslim bisa saling bersilaturahim, dan mudah-mudahan ke depannya lebih meriah dan peserta yang ikut juga lebih ramai lagi," katanya.

(U.A057/Y008)

Pewarta: Andilala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017