Minggu, 24 September 2017

Kemenperin gelar pameran produk IKM unggulan Jakarta

| 4.884 Views
Kemenperin gelar pameran produk IKM unggulan Jakarta
Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Produk Unggulan IKM DKI Jakarta, Senin. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menggelar pameran produk Industri Kecil Menengah (IKM) unggulan di bawah bimbingan Pemprov DKI Jakarta di Plasa Pameran Industri pada 19-23 Juni 2017.

"IKM yang dibina di Jakarta ada 4.815 IKM dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 20.494 orang. Jumlahnya banyak," kata Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat memberi sambutan di Jakarta, Senin.

Gati menyampaikan, pameran bagi IKM dapat menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan produk yang mereka buat kepada masyarakat luas.

"Jadi memang pameran-pameran offline semacam ini harus terus dilakukan, di samping pameran atau penjualan online," ungkap Gati.

Menurutnya, dengan terus memperkenalkan produk IKM, maka lama kelamaan bisnis IKM dapat ekspansif dan meningkat, sehingga mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja baru.

"Aturan di perindustrian, industri menengah ini adalah industri yang investasinya Rp1-14 miliar, tenaga kerjanya 19 orang. Kalau IKM yang kecil mau ditingkatkan ke menengah, pasti tenaga kerjanya lebih banyak lagi yang terserap," ujarnya.

Menurut pantauan Antaranews, berbagai produk tersedia pada pameran tersebut, seperti kemeja batik motif ondel-ondel, sandal bermotif Monas, kebaya khas Betawi hingga makanan khas Betawi.

Untuk anak-anak, terdapat juga mainan seperti boneka yang mengenakan baju adat Betawi dan berbagai cemilan.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga