Merak (ANTARA News) - Aktivitas Pelabuhan Merak, Banten, pada H-5 Lebaran menyeberangkan sekitar 11.459 unit kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data yang diperoleh dari ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak pada H-5 Lebaran sudah ada 127 trip perjalanan dengan 34 kapal yang beroperasi melayani penyeberangan Merak-Bakauheni dan sebaliknya.

Sedangkan, jumlah penumpang 57.384 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Namun, Selasa (20/6) malam Pelabuhan Merak mulai ramai dipadati penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan.

Bahkan, kendaraan pribadi dan sepeda motor mulai memadati Dermaga I sampai VI.

"Kami prediksikan pemudik lebaran akan terjadi peningkatan sampai dini hari," kata Yanto, seorang petugas ASDP Merak.

Selama ini, kata dia, penyeberangan pelayaran kapal lintas Merak-Bakauheni berjalan lancar, sehingga kendaraan pribadi yang masuk dermaga pelabuhan bisa diseberangkan langsung ke Pulau Sumatera.

Mereka para pemudik yang menggunakan kendaraan tidak begitu waktu lama menunggu di dermaga pelabuhan.

Sebab, keberangkatan kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak hanya 45 menit kembali berlayar.

"Kami minta penumpang di atas kapal agar menaati peraturan yang diberlakukan ASDP dengan tidak menghidupkan mesin kendaraan," katanya.

Sementara itu, sejumlah pemudik mengaku bahwa mereka merasa lega setelah tiba di dermaga Pelabuhan Merak bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatera.

"Kami baru lebaran tahun ini kondisi Pelabuhan Merak lancar dibandingkan tahun lalu," kata Siti Samsiah, seorang pemudik warga Jakarta bertujuan Palembang.

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017