Jakarta (ANTARA News) - Tahun 2017 tampaknya bukan tahun terbaik bagi produsen smartphone.

Samsung misalnya, perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan akan memasukkan pemindai sidik jari dalam kaca Galaxy Note 8, namun karena masalah kecepatan dan keamanan kabarnya mengurungkan rencana itu.

Samsung bukan satu-satunya, Apple juga diisukan membenamkan Touch ID dalam layar untuk iPhone 8 yang dikatakan menghadapi masalah serupa.

Lebih jauh dari itu, laporan terbaru dari Bank of America, masalah itu pada akhirnya berdampak pada tanggal peluncuran perangkat, yang dapat memukul mundur hingga "tiga minggu atau lebih".

Analisis itu adalah hasil sebuah perjalanan yang baru-baru ini dilakukan ke Asia di mana divisi Bank of America bertemu dengan pemasok Apple, yang melaporkan mengalami masalah dalam menerapkan teknologi Touch ID dan 3D sensing yang baru.

Jika perkiraan analis ini benar, maka hal ini akan membuat iPhone 8 diluncurkan pertengahan Oktober.

Namun, penundaan tersebut diprediksi dapat menurunkan penjualan iPhone. Perkiraan terbaru dari Merrill Lynch pengiriman iPhone berkurang untuk tahun fiskal (yang berakhir pada 30 September) sebesar 11 juta unit, sehingga turun menjadi 208,1 juta unit, demikian Phone Arena.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017