Gresik (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dijadwalkan membuka Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 atau "The 19th Asian Senior Mens Volleyball Championship" di GOR Tridharma Petrokimia, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (24/7).

Ketua Panitia Pelaksanaan Kejuaraan itu, Heyzer Harsono dalam keterangan persnya di Gresik, Sabtu, mengatakan kejuaraan yang diikuti sebanyak 16 negara itu secara keseluruhan pelaksanaan sudah siap, dan Tiongkok menjadi tim pertama yang tiba di Surabaya, pada Kamis (20/7) kemarin.

Heyzer yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) itu mengatakan seluruh peserta akan ditampung di Hotel Wyndham Surabaya.

Selain membuka kejuaraan, kata Heyzer, Kapolri juga akan menyaksikan langsung laga perdana Timnas Putra Bola Voli Indonesia melawan Arab Saudi.

"Timnas Bola Voli Putra Indonesia yang tampil pada kejuaraan ini merupakan tim yang disiapkan untuk menghadapi pesta olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Agustus 2017," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PP PBVSI Komisaris Jenderal Polisi lmam Sudjarwo menargetkan Timnas bola voli putra Indonesia masuk delapan besar pada kejuaraan ini, untuk mengunci peluang agar bisa ikut kembali pada ajang ini dua tahun mendatang.

"Harapan kami bisa masuk delapan besar, sehingga otomatis dua tahun lagi tidak perlu melalui kualifikasi di tingkat ASEAN, sekaligus membuktikan jika Timnas mampu bersaing dengan tim bola voli dunia," kata Imam.

Imam mengakui target tersebut sangat realistis bagi Timnas Putra Voli Indonesia, sebab pesaing dalam ajang ini sangat kuat, salah satunya adalah Iran yang merupakan juara dunia bola voli, dan Jepang yang merupakan juara dalam ajang ini dua tahun sebelumnya.

"Dengan target delapan besar, diharapkan target emas bola voli putra pada SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur bisa tercapai," katanya.

Asian Senior Mens Volleyball Championship ke-19 akan digelar di dua tempat yakni GOR Petrokimia dan GOR Wahana Eskpresi Pusponegoro tanggal 24 Juli sampai 1 Agustus 2017.

Sedangkan 16 negara ikut dalam kejuaraan ini yaitu Arab Saudi, Australia, Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Korea, Kazakhtan, Pakistan, Qatar, Srilangka, Thailand, Vietnam dan Taipe.

Kejuaraan ini dibagi empat grup dengan masing-masing grup ada 4 negara, dan Indonesia bersaing bersama Qatar, Kazakhstan dan Saudi Arabia untuk memperebutkan dua posisi teratas agar bisa maju ke babak delapan besar, sekaligus merebut tiket untuk ajang serupa dua tahun lagi.

Dari total 16 negara yang ikut, dua negara merupakan pesaing Tim Putra Voli Indonesia pada SEA Games XXIX/2017, yakni Thailand dan Vietnam.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017