Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap hari raya Idul Fitri tahun ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk kembali bersatu dan melangkah maju pasca Pemilu 2024.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, insya Allah akan membawa kebahagiaan, situasi yang lebih baik, lebih tenang, lebih damai apalagi perhelatan besar pemilu sudah hampir selesai, tinggal menunggu keputusan MK,” kata Tito usai menjalankan shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu.

Sebagai Mendagri, Tito mengatakan telah menyampaikan arahan kepada para kepala daerah untuk terus menjaga situasi agar tetap kondusif selama pemilu dan pasca pemilu.

“Untuk merajut kembali perbedaan di antara masyarakat,” katanya.

Ia pun meminta para kepala daerah membantu masyarakat agar dapat menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan dengan baik, serta menjaga toleransi.

Tito juga memerintahkan para kepala daerah untuk ikut menjaga ketersediaan dan harga pangan agar jangan sampai terjadi lonjakan. Selain itu, juga memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik pemudik Lebaran 2024.

“Jadi saya minta kepala daerah dan penjabat kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar,” tuturnya.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024