Jakarta (ANTARA News) - Pernahkan Anda berpikir jika kamar mandi, pancuran, bak, ataupun toilet juga bisa menjadi bagian dari teknologi elektronik? 

Berikut lima cara yang menghubungkan teknologi kamar mandi dan kesehatan seperti dikutip dari Kohler.

1. Kepala pancuran dengan pelantang nirkabel 


Anda juga bisa tetap menerima telepon hingga mendengarkan musik saat mandi tanpa perlu membawa telepon genggam ke kamar mandi. Aktivitas ini bisa memungkinkan dengan kepala pancuran yang dilengkapi pelantang nirkabel yang bisa dilepas pakai.

2. Bidet berteknologi


Bidet atau tempat duduk toilet menjadi salah satu bagian penting dari kamar mandi yang dapat dibuat lebih personal.

Anda bisa memiliki ritual pribadi yang lebih nyaman dengan memilih bidet menyesuaikan kebutuhan untuk tetap merasakan tingkat higienis maksimal. 

Bidet-bidet modern punya fitur lebih dari pembersih, mulai dari pengering dengan air hangat, suara flush hingga pemanas dudukan.

3. Evolusi bak mandi layaknya spa

Bak mandi telah berevolusi melebihi bak rendam biasa. Anda bisa "bermain" di dalam bak mandi dengan gelembung dan suhu yang diinginkan, untuk menghasilkan suara bahkan menciptakan gelembung sesuai kebutuhan. Anda bisa menciptakan gelembung yang mengelilingi tubuh, gelembung yang mengarah ke punggung, paha atau kaki, gelembung yang lembut atau justru lebih kuat untuk memijat.

Begitu pula dengan teknik hidroterapi, Anda bisa memilih menggunakan udara atau suara untuk memijat, menenangkan, atau menyegarkan tubuh dan pikiran Anda, hanya dengan mengendalikan satu tombol. Untuk mendapatkan kehangatan yang lebih lama, Anda juga bisa menambahkan suhu panas di bagian belakang tubuh. 


4. Meningkatkan intelegensi kamar mandi dengan produk cerdas


Salah jika berpikir kamar mandi dan bidet yang cerdas hanya bisa ditemui di hotel berbintang lima saja. Anda bisa memiliki kamar mandi dan bidet cerdas, dimana semua fasilitasnya pun bisa "dibawa" ke rumah. Kamar mandi cerdas menggunakan teknologi yang mampu memberikan kenyamanan dan kebersihan yang berbeda terhadap toilet yang jauh lebih selaras dengan kebutuhan Anda.

Produk cerdas berteknologi tak hanya memberikan fungsi pembersihan yang maksimal, namun menyediakan fitur tambahan seperti pembilasan otomatis, fungsi pembuka dan penutup bidet otomatis, bidet yang hangat, lampu untuk keadaan gelap, penghangat kaki dan adanya sinkronisasi dengan bluetooth.

5. Menjadikan kamar mandi sebagai tempat penuh inspirasi di rumah


Bukan sesuatu yang tak mungkin jika menjadikan kamar mandi sebagai sebuah wahana. Anda bisa bahkan mengurangi stress dan tekanan dengan melakukan peremajaan pikiran di dalam kamar mandi. Kamar mandi dapat mendukung kebutuhan psikis bahkan menjadi tempat untuk menemukan inspirasi.

Salah satu contohnya adalah teknologi showerscan digital memiliki kecanggihan untuk menghadirkan air, uap, musik dan cahaya secara bersama-sama dalam satu sensor. Anda dapat mengatur pancuran untuk dirotasi layaknya fasilitas spa, memilih target area tubuh yang berbeda-beda ketika menyemprotkan air dan menentukan suhu.

(Baca: Tujuh tips mendesain kamar mandi)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017