Jakarta (ANTARA News) - Nusa V (baca: Nusa Five),  sebuah komik kolaborasi antara Indonesia dan Jepang, akan diterbitkan untuk pertama kalinya di Popcon Asia yang berlokasi di Jakarta Convention Center pada 5-6 Agustus 2017.

Padma Pusaka Nusantara, perusahaan kreatif yang berlokasi di Jakarta, menjalin kerjasama dengan Shogakukan Asia Pte Ltd (anak perusahaan dari penerbit besar Jepang Shogakukan yang telah menerbitkan berbagai komik legendaris seperti Doraemon) dalam menggarap seri komik Nusa V yang kepemilikannya dimiliki bersama antara dua perusahaan tersebut.

"Kami (Shogakukan) mencari kreator yang berbakat dan mampu membuat sebuah karya orisinil dengan pengetahuan yang baik tentang budaya Indonesia dan (Padma Pusaka Nusantara) memiliki semua itu. Kami sangat senang bisa memperkenalkan hasil kolaborasi kami yaitu Nusa V kepada para pembaca di Indonesia, " ujar Kajiya Bunsho selaku Managing Director dari Shogakukan Asia dalam keterangan pers.


Nusa V bercerita tentang lima orang pemuda yang berasal dari lima pulau besar di Indonesia; Rangga (Jawa), Naya (Sumatera), Rimba (Kalimantan), Rena (Sulawesi), George (Papua) dalam menghadapi kelompok Sandekala yang tunduk pada entitas jahat bernama Kelana.

Pembuatan cerita dan ilustrasi Nusa V dikerjakan oleh Sweta Kartika (komikus Grey Jingga, Wanara) dibimbing editor senior Shogakukan pusat di Jepang, Yasuyuki Sagami.

"Jajaran budaya nusantara yang menjadi penopang konsep utama cerita ini saya gali bersama teman-teman dalam tim. Pada tahap inilah saya makin memahami betapa luas dan kayanya Indonesia," kata Sweta.

Nusa V akan terbit untuk pertama kalinya dalam majalah komik re:ON edisi 28 dan akan rutin terbit di edisi-edisi berikutnya setiap 45 hari. Untuk acara peluncuran chapter pertama, re:ON akan menghadirkan Ghaida Farisya (ex-JKT48) sebagai cosplayer untuk Nusa V di Popcon Asia dan menggelar talkshow serta kegiatan meet and greet.

Setelah terbit di Indonesia, Nusa V dalam versi bahasa Inggris akan dipamerkan di Frankfurt Book Fair pada Oktober 2017 di booth Shogakukan Asia dan direncanakan untuk terbit dalam versi internasional tahun depan.

(Baca: Komik kolaborasi Si Juki dan Larva diluncurkan di Popcon Asia 2017)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017