Maluku (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno, Senin, meninjau SMK Perikanan dan Kelautan Ustutun, Pulau Liran, Wetar Barat, Maluku Barat Daya, sekaligus menyaksikan pemberian bantuan PT Telkom Indonesia berupa pembangunan "Broadband Learning Center".

Kedatangan Rini Soemarno ke sekolah kejuruan tersebut merupakan rangkain kunjungan kerjanya ke Provinsi Maluku, yaitu Pulau Moa dan Pulau Liran, bersama dengan sejumlah BUMN yang menyalurkan program bantuan kepada masyarakat di pulau tersebut.

Pulau Liran merupakan kawasan terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Didampingi Dirut Telkom Alex J. Sinaga, Rini menyaksikan penyerahan bantuan Telkom kepada SMK Kelautan dan Perikanan Ustutum, Liran berupa perangkat akses internet dua paket Indihome Sky, dan sebanyak 15 unit komputer dan satu unit proyektor slide.

SMK Kelautan dan Perikanan yang didirikan pada tahun 2013 ini memiliki 54 siswa, terdiri atas kelas 1 sebanyak 26 siswa, kelas 2 mencapai 13 siswa, dan kelas 3 sebanyak 15 siswa.

Selama ini, di wilayah SMK Kelautan dan Perikanan tersebut tidak dapat mengkases internet, kecuali menggunakan jaringan internasional roaming Telkomcel operator telekomunikasi milik Timor Leste.

Pada kesempatan itu, Rini langsung melihat para siswa SMK mengoperasikan dan mengakses berbagai progam yang disediakan Telkom, antara lain, Pustaka Digital (PaDi) dan informasi digital lainnya.

Rini mengaku bangga bahwa Telkom memberikan perhatian lebih untuk membantu sekolah-sekolah, terutama SMK Kelautan Perikanan di Liran.

Ia pun meminta agar fasilitas BLC dan PaDi tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa.

"Melalui BLC, kini siswa-siswi di sini dapat belajar secara virtual, mengakses buku dan sumber pengetahuan lain melalui PaDi. Manfaatkanlah fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca kita bangsa Indonesia pasti akan jaya dan menguasai dunia," pesan Rini.

Setelah penyerahan bantuan tersebut, Rini didaulat untuk menuliskan pesan kepada siswa SMK Kelautan dan Perikanan tersebut dalam sebuah kanvas berukuran 30 x 40 sentimeter.

"Anak-anakku tercinta. Manfaatkan fasilitas membaca melalui digital. Dengan banyak membaca, bangsa Indonesia pasti akan jaya dan menguasai dunia. Cinta Saya. Rini Soemarno, 7-8-2017".

Tulisan Rini secara spontan tersebut kemudian dibacakan langsung oleh seorang siswi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

(T.R017/D007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017