Senin, 25 September 2017

Peringatan HUT Kemerdekaan, mulai dari Istana hingga TMII

| 2.519 Views
Peringatan HUT Kemerdekaan, mulai dari Istana hingga TMII
Presiden Joko Widoo (ketiga kiri) dan Wapres Jusuf Kalla (keempat kanan) berfoto bersama (dari kiri) mantan Presiden BJ Habibie, Iriana Joko Widodo, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Mufidah Jusuf Kalla, mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono usai upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dengan mengenakan busana adat di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8/2017). (ANTARA FOTO/Agus Suparto)
Jakarta (ANTARA News) - Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta dihadiri oleh tiga mantan presiden RI masing-masing BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kehadiran tiga mantan presiden tersebut menyemarakkan peringatan detik detik proklamasi di Istana Merdeka yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tak hanya para mantan presiden yang antusias menghadiri peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI namun juga masyarakat.

Masyarakat memadati lapangan Monumen Nasional untuk menyaksikan arak-arakan bendera pusaka pada perayaan Hari Ulang Tahun RI Ke-72 menuju Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Arak-arakan tahun ini merupakan yang kedua kali setelah tahun lalu.

Dalam arak-arakan tersebut, pasukan berkuda dan kereta kencana membawa bendera diikuti pasukan bersenjata, peserta dengan pakaian adat kerajaan dan kesultanan yang mewakili seluruh bangsa Indonesia.

Bendera pusaka memasuki Istana Merdeka sekitar pukul 08.43 WIB. Arak-arakan tersebut dimulai pukul 08.25 WIB.

Sementara itu, masyarakat dapat melihat prosesi upacara dari layar depan yang dipasang di luar Istana Merdeka.

Petugas kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia juga berjaga-jaga di kawasan Monas dan sekitarnya.

Warga tampak antusias menyaksikan prosesi arak-arakan bendera pusaka dan upacara.

Masyarakat mengikuti arak-arakan dari sisi kanan dan kiri peserta kirab serta dari belakang rombongan.

Mereka juga tidak lupa mengabadikan momentum itu.Salah satu warga, Ima mengunjungi Monas untuk menyaksikan langsung prosesi tersebut.

"Nanti masuk kerja siang pukul 11.00 WIB, sempatkan ke sini buat lihat arak-arakan bendera dan upacara," tuturnya.

Sementara itu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyelenggarakan berbagai acara selama Agustus 2017 yang tergabung dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-72.

Mengusung tema "Negeriku Satoe Indonesia", pada peringatan HUT RI yang jatuh pada Kamis, pihaknya TMII menyelenggarakan "Gebyar Merah Putih" yang berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga selesai, bertempat di Panggung Kanci IAAI.

"Dengan artis Cika, Neng Lila, Yolanda, Giska Maya, Viona, Riva dan Sera," kata Manajer Informasi Budaya dan Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Ertis Yulia.

TMII juga menyelenggarakan lomba permainan tradisional berupa Panjat Pinang, Balap Karung dan Tarik Tambang yang digelar di Panggung Candi Bentar pada pukul 11.00 hingga 17.00 WIB.

Masih dalam rangkaian peringatan HUT RI, pada 19 Agustus mendatang akan digelar Parade Tari Nusantara ke-36 bertempat di Sasono Langen Budoyo pada pukul 09.00 - 23.00 WIB, Festival Kuliner Jawa Barat di Anjungan Jawa Barat pada pukul 09.00 - 16.00 WIB, pertunjukan Wayang Golek dengan dalang Asep Caswan Subang di Panggung Candi Bentar mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari.

Kemudian, Gelar Ekspresi Seni Tari, Vokal, Musik, Teater dan Ujian Gabungan Diklat Seni TMII yang bertempat di Sangkrini mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB.

"Gelar Ekspresi ini diadakan dua hari berturut-turut yakni pada tanggal 19 dan 20 Agustus," kata Ertis.

Parade Reog Ponorogo turut menyemarakkan rangkaian peringatan HUT RI ke-72. Parade ini akan dilaksanakan pada 20 Agustus pukul 09.00 - 17.00 WIB di Panggung Garuda TBTI.

Sebagai penutup rangkaian peringatan HUT RI ke-72, pada 27 Agustus mendatang, pihaknya akan menggelar Taman Mini Menari yang bertempat di area Tugu Api Pancasila pada pukul 16.00 - 17.00 WIB.

Wahana wisata bawah laut di Taman Impian Jaya Ancol, Sea World menyelenggarakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih bawah air untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia, Kamis.

Upacara itu digelar mulai pukul 10.45 WIB di dalam Akuarium Utama Sea World, Jakarta.

Bendera dikibarkan oleh tiga penyelam yang berpakaian putih khas paskibraka.

Seperti halnya upacara konvensional, penarikan bendera diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, upacara dilanjutkan dengan pembacaan Proklamasi. Dalam prosesi ini, diputar rekaman Proklamasi yang dibacakan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Namun, uniknya, di dalam air ada seorang penyelam yang seolah-olah membacakan Proklamasi tersebut.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih tersebut diakhiri dengan pengibaran Bendera Merah Putih terbesar di kawasan Ancol dengan ukuran 8 meter x 3 meter atau seukuran dengan etalase depan Akuarium Utama Sea World.

Untuk menarik perhatian pengunjung, pihak Sea World juga mengundang artis Aurelie Moeremans sebagai salah satu penyelam mengibarkan bendera raksasa tersebut.

Setelah semuanya selesai, atraksi dilanjutkan oleh pemberian makan ikan oleh dua penyelam Sea World. Acara ini disambut meriah oleh pengunjung karena beragam ikan seperti kerapu, pari, kuwe dan lain-lain di Akuarium Utama berkumpul di sekitar penyelam.

(Baca: Meriahnya perayaan kemerdekaan di Istana)

(Baca: Warga asing terkesima budaya Indonesia saat Upacara di Istana Merdeka)

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga