Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan rencana menempatkan 18 satuan TNI AD di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, seiring dengan rencana pembangunan markas kodim, korem, dan beberapa koramil di IKN.

Maruli menegaskan TNI AD siap mendukung kegiatan di IKN, termasuk rencana peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

"Kami sudah melihat. Kami sudah rencana, (dan) sudah dibangun kodim (komando distrik militer). Rencana nanti akan dibangun korem (komando resor militer) lagi, serta koramil-koramil (komando rayon militer), termasuk ada 18 satuan ditempatkan di IKN," kata Maruli Simanjuntak sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan TNI AD di Jakarta, Kamis.

Baca juga: TNI AD kerahkan ribuan prajurit-alutsista peringati kemerdekaan di IKN

Jenderal Maruli berkunjung ke beberapa lokasi di IKN, termasuk Titik Nol Nusantara IKN, Kalimantan Timur, Rabu (21/2).

Dalam kunjungannya itu, Maruli didampingi beberapa pejabat TNI AD, pemerintah daerah di Kalimantan Timur. Beberapa titik yang dikunjungi mencakup lokasi pembangunan Istana Negara, Kodim IKN, lokasi wisata alam IKN, dan pelabuhan.

Dalam siaran resmi yang sama, Kasad meyakini pembangunan IKN dan pemindahan ibu kota negara merupakan langkah strategis pemerintah untuk mendukung pemerataan pembangunan.

Tidak hanya itu, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN juga untuk mengurangi beban Jakarta yang saat ini mengalami ragam persoalan, mulai dari kepadatan penduduk, banjir, sampai polusi.

Baca juga: Kasad ajak pesta demokrasi riang gembira

Mengenai peringatan HUT ke-79 RI di IKN, Jenderal Maruli mengatakan TNI AD mempersiapkan 1.500 hingga 2.000 orang prajurit untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Kami yakinkan rencana untuk mengirimkan alutsista dan personelnya. Kami berharap nanti tanggal 17 Agustus 2024, Angkatan Darat khususnya kami siap mendukung kegiatan di IKN," katanya.

Tidak hanya ke IKN, Maruli dalam kunjungan kerja yang sama juga menyambangi Markas Kodam VI/Mulawarman dan Markas Batalyon Infanteri 600/Modang.

Di markas-markas TNI AD itu, Kasad turut memberi arahan-arahan kepada para prajurit.

Baca juga: BNPB dan TNI-AD jalin kerja sama optimalisasi penanggulangan bencana
Baca juga: Kasad Maruli perintahkan jajarannya ubah lahan tidur jadi produktif

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024