Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengajak semua komponen di Tanah Air untuk melaksanakan pesta demokrasi pemilihan umum 14 Februari 2024 dengan penuh riang gembira.

“Mari kita laksanakan pemilu secara damai dengan melaksanakan pesta demokrasi ini dengan penuh gembira. Ya kita sesuaikan dengan namanya yakni pesta demokrasi jadi semua harus penuh gembira,” katanya di Banda Aceh, Senin.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Banda Aceh dalam rangka penanaman bibit mangrove, ia menjelaskan secara umum untuk pelaksanaan pengamanan berjalan dengan baik dan aman.

Ia mengatakan setiap orang yang mengekspresikan pilihannya merupakan hal yang wajar dan dalam 20 tahun ini Indonesia sudah bagus dengan pemilihan presiden beberapa kali secara langsung karena pembelajarannya cepat.

“Saya pikir negara-negara maju pun ratusan tahun untuk bisa begini. Amerika yang pemilihnya tidak sampai 60 persen kita sudah berpesta 90 persen sekian untuk memilih. Luar biasa bangsa kita ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menegaskan terkait netralitas TNI di seluruh Tanah Air pada pemilihan umum 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

“Jika ada yang melanggar dilengkapi dengan bukti jangan omongan saja, ini fotonya dan rekamannya, pasti kita akan bergerak cepat. ,” katanya.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Baca juga: Kasad minta prajuritnya di Malut jaga kebersamaan 

Baca juga: KSAD resmikan 1.898 titik sumber air hasil TNI AD Manunggal Air

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024