Tetapi sekarang ini sudah banyak daerah yang menggelar lomba perahu layar seperti Tual, Namrole, Kupang dan beberapa daerah lainnya di Indonesia,
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melakukan evaluasi penyelengaraan Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR).

"Kedepan Pemkot Ambon dan Pemerintah Darwin juga Dinah Beach sebagai penyelenggara even tahunan lomba perahu layar Darwin Ambon, untuk mengevaluasikan secara menyeluruh kelemahan kita dalam penyelenggaranya," kata Wakil Wali kota Ambon, Syarif Hadler di Ambon, Kamis.

Ia menjelaskan, awal penyelenggaraan lomba perahu layar Darwin-Ambon sejak tahun 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan, jumlah peserta meningkat setiap tahun karena yang menggelar hanya Darwin dan Ambon.

"Tetapi sekarang ini sudah banyak daerah yang menggelar lomba perahu layar seperti Tual, Namrole, Kupang dan beberapa daerah lainnya di Indonesia," tambahnya.

Baca juga: Wagub Maluku hadiri pelepasan peserta SIDAYR 2019

Ia menyatakan, peserta yang mengikuti lomba selama ini diserahkan kepada penyelenggara yakni Dinah Beach untuk membuka pendaftaran dan menerima peserta yang mendaftar.

Kedepan Mungkin Pemkot Ambon juga harus ikut membuka pendaftaran, baik dari luar maupun dalam negeri.

"Pihak Lantamal IX juga sudah siap mengikuti lomba perahu layar, kesiapan ini telah disampaikan yakni tahun depan mereka akan ikut dengan perahu sendiri," ujarnya.

Kedepan peserta SIDAYR, tidak terbatas pada Australia secara keseluruhan saja, tetapi akan mengundang juga negara-negara lain dan tidak terbatas pada Dinah Beach untuk mengundang.

"Kita akan membuka kesempatan negara lain untuk mengikuti lomba ini, upaya ini akan kita lakukan agar peserta meningkat seperti dulu," tambahnya.

Baca juga: 16 perahu terdaftar ikut SIDAYR 2019

Syarif mengakui,ada banyak hal yang harus dievaluasi, hasil evaluasi akan disampaikan ke publik secara luas sehingga diketahui.

"Kita berharap kedepan akan berkembang lebih baik demi kepentingan pengembangan pariwisata juga hubungan kota kembar Darwin-Ambon kedepan ," katanya.

Penyelengaraan SIDAYR 2019 diikuti 11 perahu layar dan berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan 30 tahun kerja sama kota kembar (sister city) Darwin-Ambon.

Pelaksanaan Ambon night yang sebelumnya dilaksanakan di Konsult Darwin akan dialihkan ke komite SIDAYR Dinnah Beach, dengan konsep acara "Ambon Night" yang juga dihadiri Wali Kota Darwin.

Baca juga: Angkasa Pura Ambon fasilitasi pelatihan pemandu wisata

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019