counter

Kiat mengolah daging kambing agar tidak perengus

Kiat mengolah daging kambing agar tidak perengus

Ilustrasi (ANTARA Foto/Syaiful Arif)

Jakarta (ANTARA) - Beragam sajian berbahan daging hewan kurban seperti kambing dan sapi biasanya terhidang di meja makan saat Idul Adha, yang jatuh pada esok hari (11/8).

Mengolah daging kambing kerap jadi tantangan dibandingkan memasak daging sapi atau ayam. Bau perengus alias aroma kuat yang menguar dari kambing bisa membuat selera makan jadi menghilang.

Bagaimana cara menghilangkan bau perengus saat mengolah kambing?

Dikutip dari berbagai sumber, menjauhkan daging kambing dari air adalah satu trik untuk menghindari bau perengus. Jangan mencucinya dengan air agar baunya tidak menguat.

Setelah itu diterapkan, coba pilih menu yang penuh rempah-rempah agar bau kambing tersamarkan, atau hilang, berkat bumbu yang kuat.

Beberapa rempah yang cocok untuk diolah bersama daging kambing di antaranya adalah kunyit, cengkeh, bawang putih, jahe, kayu manis dan bunga lawang. Anda bisa memakai semuanya atau sebagian saja.

Pemakaian rempah sebagai bumbu ini bukan cuma berfungsi menghilangkan bau, tetapi juga membuat daging jadi lebih lezat.

Jika Anda juga memasak jeroan kambing, cobalah merebusnya dalam air berisi potongan lengkuas dan daun salam. Buanglah busa-busa putih yang keluar dari rebusan jeroan karena di situlah sumber bau.

Baca juga: Idul Adha tiba, makanan ini sebaiknya dibatasi

Baca juga: Benarkan daging kambing pemicu tekanan darah naik?

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kampung Akuarium nikmati masakan chef hotel bintang lima

Komentar