Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan kepada para pelajar yang terpilih menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 untuk selalu memahami dan menghormati adat istiadat setempat seperti kata pepatah "dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung".

"Belajarlah dari kehidupan masyarakat, ambil nilai-nilai positifnya sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan di masa depan sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Ganjar Pranowo pada Pembukaan dan Serah Terima Program SMN Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Utara di Hotel PO, Semarang, Selasa (13/8) malam.

Dalam sambutannya tersebut, Gubernur Ganjar mengaku sangat mendukung Program SMN yang digelar tiap tahun karena esensinya menanamkan rasa cinta dan bela tanah air sejak dini kepada para pelajar SMA, SMK, maupun SLB yang dinyatakan lolos serangkaian seleksi.

Selain itu, lanjut dia, keragaman, kekayaan nusantara, dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung para pelajar peserta Program SMN dengan komponen masyarakat di provinsi yang menjadi daerah tujuan.

"Ini bagus sekali, inilah bagian dari cara kira merawat Indonesia yang terdiri dari beragam suku, adat istiadat, dan agama," ujarnya.

Gubernur Ganjar berharap Program SMN yang digelar tiap tahun sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap Republik Indonesia ini dapat menjadi jembatan bagi pelajar se-nusantara untuk benar-benar mengenal negerinya sehingga semakin cinta, serta mempunyai rasa memiliki.

"Pemprov Jateng membuka ruang seluas-luasnya bagi pembangunan karakter melalui kegiatan-kegiatan spiritual dan kultural, serta intens mendorong terwujudnya silaturahmi sert kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Program SMN merupakan kegiatan pertukaran pelajar di Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan difasilitasi seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi.

Tujuannya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB yang terpilih menjadi peserta.

Peserta yang terpilih mengikuti Program SMN sebelumnya telah mengikuti serangkaian seleksi yang cukup ketat.

Keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi selama beberapa hari.

Sebanyak 22 pelajar yang menjadi peserta SMN 2019 dari Provinsi Jawa Tengah akan berangkat menuju Kota Manado, Sulawesi Utara, dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada Rabu (14/8) dengan didampingi dua orang guru.
Baca juga: Pejabat BUMN ikut menari bersama peserta SMN dari Sulawesi Utara
Baca juga: Peserta Siswa Mengenal Nusantara Jatim tiba di GorontaloBaca juga: Plt Gubernur minta peserta SMN promosikan wisata Kepri

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019