counter

Tekan angka kriminalitas polisi pertontonkan wajah pelaku kejahatan

Tekan angka kriminalitas polisi pertontonkan wajah pelaku kejahatan

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro saat menunjukan barang bukti yang digunakan tersangka perampokan uang senilai Rp1,195 miliar untuk menjebol kaca mobil. (Foto: Aditya Rohman/Antaranews).

Polres Sukabumi Kota sudah membentuk Satgas Kejahatan Jalanan yang beranggotakan Satuan Reskrim Polres Sukabumi Kota dan Polsek.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota mempertontonkan wajah pelaku kejahatan yang kerap membuat warga Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat resah.

"Langkah yang kami lakukan ini untuk memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan sebagai upaya menekan angka kriminalitas. Cara  itu bertujuab agar siapapun  yang hendak melakukan aksi kriminalitas akan berpikir ulang," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro di Sukabumi, Rabu.

Bahkan, tindakan tegas yang dilakukan pihak kepolisian ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, tetapi juga sudah beberapa kali seperti penangkapan pelaku kejahatan jalanan, geng motor, peredaran narkoba, pencurian, kekerasan dan lain-lain.

Para pelaku tersebut akan digiring dari sel tahanan Polres Sukabumi Kota dan berjalan ke Bundaran Tugu Adipura Kota Sukabumi dan tempat lainnya. Bahkan, kali ini para pelaku kejahatan dari pengungkapan kasus yang dilakukan beberapa polsek dipertontonkan kepada warga di Bundaran Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Dengan  menggunakan kaos tahanan berwarna oranye, sejumlah tersangka digiring polisi untuk diperlihatkan kepada warga. Tak ayal, ratusan orang yang berada di lokasi dan melintas pun menjadi penasaran untuk melihat serta beberapa diantara mereka ada juga yang memfoto dan memvideonya.

"Kami tidak akan memberikan ruang kepada siapapun yang mengganggu keamanan dan iklim kondusif di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Sekecil apapun kasus kejahatan akan kami tindak sesuai dengan hukum dan perundang--undangan yang berlaku," tambahnya.

Sementara, Kapolsek Sukaraja Kompol Supardi mengatakan Polres Sukabumi Kota sudah membentuk Satgas Kejahatan Jalanan yang beranggotakan Satuan Reskrim Polres Sukabumi Kota dan Polsek.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota pajang pelaku kriminalitas di pusat kota

Baca juga: Polisi Sukabumi tetapkan tersangka kasus pembunuhan wanita

Baca juga: Dua pelaku pencurian ditembak polisi


Untuk pelaksanaannya dibagi empat rayon yakni Barat dan Timur kemudian Utara dan Tengah. Seperti pada Agustus ini beberapa Polsek berhasil mengungkap sejumlah kasus kriminal diantaranya Polsek Kebonpedes mengungkap kasus kekerasan, Polsek Sukalarang penyelewengan dan penyalahgunaan jabatan.

Selanjutnya untuk Polsek Sukaraja berhasil mengungkap kasus penggelapan atau penipuan. Adapun barang bukti yang disita yakni uang tunai hasil kejahatan, bahan pembuatan sepatu dari pabrik GSI Sukalarang, senjata tajam dan lain-lain.

"Pelaku yang kami tangkap ini kami perlihatkan kepada warga tepatnya di Bundaran Sukaraja yang juga tujuannya bahwa pihak kepolisian selalu berupaya memberikan rasa aman, melayani dan menjaga kondusifitas serta menindak tegas kepada siapapun pelaku kejahatan," katanya. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar