SDM Unggul Indonesia Maju

Putri Koster: Usia dini masa keemasan untuk tanamkan nasionalisme

Putri Koster: Usia dini masa keemasan untuk tanamkan nasionalisme

Bunda PAUD Provinsi Bali Putri Suastini Koster saat membuka Pawai Kebangsaan Anak Anak PAUD/TK se-Kabupaten Gianyar (Antaranews Bali/Dok Humas Pemprov Bali/2019)

Denpasar (ANTARA) - Bunda PAUD Provinsi Bali Putri Suastini Koster berpandangan usia dini merupakan masa keemasan dan menjadi momentum yang tepat untuk pembentukan karakter dan penanaman jiwa nasionalisme.

"Segala daya segala upaya kita curahkan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dari usia dini. Salah satu cara memberikan pemahaman kepada anak-anak, dengan cara yang paling indah, menyenangkan dan paling mudah direkam dan diingat adalah melalui kegiatan pawai seperti ini," kata Putri Koster saat menghadiri Pawai Kebangsaan Anak Anak PAUD/TK se-Kabupaten Gianyar, di Gianyar, Jumat.

Menurut dia, dengan menanamkan jiwa nasionalisme sejak usia dini, akan tumbuh generasi muda yang berkarakter, memiliki wawasan kebangsaan dan mencintai negeri serta tanah airnya.

Oleh karena itu, dia menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Pawai Kebangsaan Anak-Anak PAUD/TK ini dan memotivasi agar pelaksanaan kegiatan serupa dapat terus dilakukan.

Putri Koster menambahkan, nilai-nilai kebangsaan, cinta Tanah Air, gotong royong serta nasionalisme telah ditanamkan melalui pawai dan ditampilkan dalam berbagai atraksi menarik, berupa fragmen, parade pakaian adat serta atraksi lainnya.

"Kegiatan ini kami harapkan akan memantik jiwa patriotisme dan nasionalisme generasi emas bangsa," ucapnya.

Pawai Kebangsaan PAUD/TK se-Kabupaten Gianyar diawali dengan parade baleganjur dan dilanjutkan dengan fragmen kebangsaan yang mengisahkan perjuangan rakyat Bali melawan Belanda dan berhasil meraih kemerdekaan.

Pawai juga diisi dengan penampilan sepeda hias, drum band serta parade pakaian daerah Nusantara. Peserta pawai yang berjumlah hampir 500 anak PAUD/TK se-Kabupaten Gianyar ini tampil penuh antusias dan disambut luar biasa oleh tamu undangan dan masyarakat yang hadir.

Kegiatan pawai yang dibuka langsung oleh Bunda PAUD Provinsi Bali yang ditandai dengan pengalungan bunga. Pawai ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, Bunda PAUD Kabupaten Gianyar , Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Sekda Kabupaten Gianyar, Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkab Gianyar serta undangan lainnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar