counter

PMI edukasi ratusan pelajar SD tentang kebencanaan

PMI edukasi ratusan pelajar SD tentang kebencanaan

Pelajar tingkat sekolah dasar di DKI Jakarta melakukan simulasi penyelamatan diri saat terjadi bencana gempa bumi. (ANTARA/HO/Palang Merah Indonesia)

DKI Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan PT Prudential Life Assurance memberikan edukasi dan pelatihan kesiapsiagaan bencana kepada 500 pelajar dari lima sekolah dasar yang berada di DKI Jakarta dan Banten.

"Program kesiapsiagaan ini memberikan informasi praktis penyelamatan jiwa pada situasi darurat atau bencana khususnya pada anak-anak sekolah. Materi kesiapsiagaan akan berfokus pada empat bencana yakni gempa bumi, kebakaran, banjir dan angin puting beliung," kata Kepala Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat Exkuwin Suharyanto melalui sambungan telepon, Minggu.

Menurutnya, program ini dimulai sejak 10 Agustus hingga September, pemberian edukasi ini berawal di SDN 05 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Adapun lima sekolah yang menjadi sasaran pelatihan itu selain SDN Jatipadang 05 Pagi juga SDN Srengseng Sawah 11 Pagi Jakarta, SD Cikal Harapan Bumi Serpong Damai (BSD), SDN Lengkong Gudang dan SDN Serpong 04 Tangerang Banten.

Baca juga: PMI luncurkan program pemulihan untuk korban tsunami Banten

Edukasi sekaligus simulasi kesiapsiagaan ini tepat diberikan kepada anak di usia dini agar mereka mengetahui bagaimana cara menghadapi dan melakukan penyelamatan diri saat bencana terjadi.

Apalagi belum lama ini terjadi gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) berpusat di Banten yang getarannya dirasakan hingga sebagian daerah di DKI Jakarta, sehingga menyulut pihaknya untuk terus memberikan edukasi dan pelatihan kebencanaan kepada anak usia dini.

"Dalam memberikan edukasi tentang kebencanaan ini tentunya disesuaikan dengan usia mereka yang baru menginjak sekolah dasar. agar anak yang ikut kegiatan ini senang, tidak bosan dan cepat menangkap ilmu yang diberikan relawan PMI," tambahnya.

Baca juga: PMI DKI Jakarta bangun Madrasah di lokasi terdampak tsunami Sulteng

Exkuwin mengatakan pada penerapan program tersebut, PMI juga melibatkan anggota PMR yang sudah terbentuk di berbagai sekolah. Mereka dilibatkan untuk memberikan materi siaga bencana kepada pelajar lainnya.

Sementara, Community Investment Manager, Corporate Communications and Sharia Department PT Prudential Life Assurance Nuranisa Putri Matahari menambahkan bahwa safe steps for kids merupakan wujud komitmen internasional antara pihaknya yang berkantor di Hongkong bekerjasama dengan International Federation of Red Cross and Red Crescent (IFRC).

Baca juga: PMI kirim 40.000 masker ke lokasi karhutla di Kalimantan

"Komitmen ini pun mulai dilaksanakan di sejumlah negara salah satunya Indonesia. Maka dari itu, Prudential Indonesia menggandeng PMI untuk bersama menjalankan program ini,” tambahnya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

JK: Idealnya dua persen dari penduduk jadi pendonor darah

Komentar