Amman Mineral kibarkan bendera dan pasang terumbu karang di bawah laut

Amman Mineral kibarkan bendera dan pasang terumbu karang di bawah laut

Seorang penyelam Amman Mineral mengibarkan bendera merah putih memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 di bawah perairan Teluk Benete, Sumbawa Barat, NTB, Sabtu (17/8/2019). (Dokumentasi PT Amman Mineral)

Jakarta (ANTARA) - Karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut di perairan Teluk Benete, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di wilayah proyek Tambang Batu Hijau.

Pada kesempatan yang sama, para penyelam yang tergabung dalam Sumbawa Diving Club dan terdiri dari karyawan Amman Mineral dan mitra bisnis, juga melakukan pemantauan terumbu karang buatan yang telah ditempatkan Amman Mineral di Teluk Benete.

"Melalui kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini kami ingin menunjukkan betapa Indonesia memiliki keindahan dan kekayaan laut yang harus selalu kita jaga dan lestarikan, termasuk beragam biota laut yang ada di dalamnya," kata Anita Avianty, Head of Corporate Communications Amman Mineral dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Anita menambahkan bahwa Teluk Benete yang merupakan lokasi penyelaman adalah wilayah dimana Amman Mineral menempatkan terumbu karang buatan sebagai upaya untuk melakukan program konservasi laut.

"Di sekitar Perairan Benete terdapat pelabuhan pengapalan khusus dan pelabuhan umum yang melayani para karyawan maupun penumpang umum. Penempatan terumbu karang buatan ini di perairan diharapkan membantu kelestarian terumbu karang yang ada di wilayah perairan,” tegas Anita.

Hingga saat ini Amman Mineral telah menempatkan lebih dari 2.000 terumbu karang buatan yang tersebar di beberapa lokasi perairan di Sumbawa Barat. Sebanyak 1.488 terumbu karang buatan telah ditempatkan di perairan Benete, sedangkan selebihnya disebar di Teluk Maluk, Teluk Lawar, dan Gili Kenawa.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa terumbu karang buatan telah dijadikan pemijahan, penempelan organisme laut, serta tempat berlindung dan mencari makan dari spesies-spesies ikan, kata Anita.

Amman Mineral Nusa Tenggara adalah salah satu anak perusahaan yang tergabung dalam Amman Mineral Group, dengan aktivitas utama adalah mengoperasikan tambang Batu Hijau di Kabupaten Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tambang Batu Hijau merupakan salah satu tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia.


Baca juga: Upacara bawah laut dilakukan Komunitas penyelam peringati HUT RI
Baca juga: Sambut kemerdekaan, ini dia ragam hiburan di Ancol
Baca juga: Pengibaran bendera dasar laut peroleh Rekor Muri

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabupaten Nduga dan Kepulauan Yapen raih apresiasi khusus Festival Gapura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar