counter

Mensos: Pendekatan kesejahteraan sosial penting diterapkan di Papua

Mensos: Pendekatan kesejahteraan sosial penting diterapkan di Papua

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasminta di Jakarta, Rabu (21/8/2019). (ANTARA/Desi Purnamawati)

pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting dibandingkan pendekatan-pendekatan lain
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di Papua.

"Menurut pandangan saya pendekatan kesejahteraan sosial sangat penting dibandingkan pendekatan-pendekatan lain," kata Mensos Agus Gumiwang di Jakarta, Rabu.

Agus mengatakan, Kemensos menganggap masyarakat Papua merupakan saudara sebangsa yang harus dilayani dengan baik dan dianggap sebagai subjek pembangunan bukan hanya objek.

Karena itu mereka bisa menentukan jenis-jenis kesejahteraan sosial mereka sendiri, tambah Agus.

Terkait kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat, Kementerian Sosial sudah menurunkan tim dari Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial untuk melakukan asesmen terkait bantuan yang diperlukan.

Mensos mengatakan, pemerintah memastikan akan hadir untuk memberikan rehabilitasi sosial bagi warga yang menjadi korban di Papua dan Papua Barat.

Sebelumnya terjadi kericuhan di Manokwari Provinsi Papua Barat, masyarakat turun ke jalan bersama mahasiswa membakar ban-ban di berbagai sudut kota maupun jalan-jalan protokol.

Mobilisasi massa juga terjadi di Jayapura dan Timika di Provinsi Papua yang dipicu bentrok massa pada Kamis (15/8) antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua di Jawa Timur.

Baca juga: Mensos: Negara siap hadir untuk rehabilitasi sosial di Papua Barat
Baca juga: Kemensos salurkan Rp3,7 miliar untuk korban konflik Nduga
Baca juga: Mensos: Masyarakat Papua harus jadi subjek pembangunan

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kapolri sebut 2 kelompok di balik hoaks & kerusuhan di Papua

Komentar