Pemukim Yahudi serang petani Palestina, pagari lahan di dekat Ramallah

Pemukim Yahudi serang petani Palestina, pagari lahan di dekat Ramallah

Pasukan Israel berpatroli di dekat alat berat yang menghancurkan sebuah bangunan milik warga Palestina di desa Sur Baher di sisi Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang berada di antara Yerusalem Timur dan Tepi Barat, Palestina, Senin (22/7/2019) waktu setempat. Militer Israel sering mengubah jalan dan lahan yang disitanya di wilayah pendudukan Palestina dengan dalih untuk digunakan buat tujuan militer dan pemukim Yahudi. ANTARA/REUTERS/Mussa Qawasma/aa

Ramallah, Palestina (ANTARA) - Pemukim Yahudi menyerang petani Palestina di Kota Kecil Um Safa di utara Ramallah, dan memasang kawat berduri di lahan yang berada di Area B dan C di Tepi Barat Sungai Jordan.

Serangan tersebut adalah awal untuk merebutnya, kata seorang pejabat lokal.

Baca juga: Pemukim Yahudi serang lokasi arkeologi di desa Tepi Barat

Ketua Dewan Desa Um Safa mengatakan kepada Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu, pemukim Yahudi tersebut dari permukiman tidak sah yang berdekatan dengan Halamish. Mereka menyerang petani di Desa Um Safa dan melepaskan ternak mereka di lahan warga Palestina, sehingga merusak tanaman.

Pemukim Yahudi itu juga memagari lahan seluas 150 dunum di daerah tersebut dengan kawat berduri, dalam upaya awal nyata untuk merampas tanah itu.

Baca juga: Pemukim Yahudi tebang 150 pohon zaitun di sebelah timur Ramallah

Lahan tersebut berada di Area B dan C di Tepi Barat; Area B berada di bawah kendali pemerintah Otonomi Paletsina dan kendali keamanan Israel dan terdiri atas 12 persen Tepi Barat. Area C, yang merupakan 61 persen wilayah Tepi Barat, berada di bawah kekuasaan militer dan administrasi Israel.

Baca juga: 150 pemukim Yahudi serbu kompleks Masjid Al-Aqsha

Sumber: WAFA

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar