Melbourne, Australia (ANTARA) - Guard Boston Celtics Kemba Walker memanen 23 poin ketika Amerika Serikat mengawali persiapan untuk mempertahankan gelar juara dunia dengan kemenangan meyakinkan 102-86 melawan Australia dalam laga pemanasan, hari ini.

Myles Turner menyumbangkan 15 poin dan 14 rebound, sedangkan Donovan Mitchell mempersembahkan 13 poin plus tiga assist untuk kian mengokohkan fondasi tim setelah menaklukkan nomor dunia Spanyol beberapa hari sebelumnya, sebelum berangkat ke China untuk Piala Dunia FIBA mulai 31 Agustus.

Chris Goulding memimpin Australia dengan 19 poin, sama dengan pemain San Antonio Spurs Patty Mills yang juga mengemas dua rebound dan tiga assist di hadapan 50.000 pendukung di Marvel Stadium, Melbourne.

"Saya salah seorang pemimpin tim ini sehingga saya hanya berusaha bermain sebaik mungkin untuk rekan-rekan satu tim saya," kata Walker yang dipilih sebagai kapten untuk pertandingan ini. "Saya senang sekali berada di sini. Saya ingin menginspirasi anak-anak muda untuk muncul."

Juara dunia lima kali yang juga peringkat satu dunia itu versi badan basket dunia FIBA itu melesat 6-0 sebelum Mills membawa Australia mencatat skor. Amerika mengakhiri kuarter pertama dengan 22-20. Kemudian pada kuarter kedua juga unggul 44-43, dan melesat menjadi 76-61 sampai akhir kuarter ketiga.

Baca juga: Pelatih AS anggap Australia bisa juara dunia

"Kami sedang membangun dan tumbuh," kata pemain Australia Patty Mills. "Piala Dunia adalah tempat kami berada di puncak."

Amerika Serikat yang dilatih Gregg Popovich yang perlu memangkas skuat menjadi 12 pemain dari 13 pemain yang saat ini ada, menjadi favorit terkuat juara dunia sekalipun tidak diperkuat sejumlah bintang top NBA.

Di antara bintang top NBA yang absen memperkuat AS adalah LeBron James, James Harden, Anthony Davis, Kawhi Leonard, dan PJ Tucker.

Sedangkan Australia yang juga diperkuat para bintang NBA termasuk pemain Utah Jazz Joe Ingles dan Mills, terpaksa tak diperkuat bintang NBA lainnya seperti Thon Maker, Ryan Broekhoff dan Dante Exum.

AS dan Australia kembali lagi bertanding di Melbourne, Sabtu pekan ini.

Baca juga: Marc Gasol, Ricky Rubio pimpin skuat akhir Spanyol
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019