IGDS 2019, penghargaan tertinggi desain produk bidik 250 peserta

IGDS 2019, penghargaan tertinggi desain produk bidik 250 peserta

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Jakarta (ANTARA) - Penghargaan tertinggi desain produk yang digelar Kementerian Perindustrian Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019 membidik 250 peserta dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi merebut hadiah uang tunai sebesar Rp100 juta.

“Hingga hari ini ada 170 peserta. Kami mau mengangkat kemampuan dan potensi yang ada dan diproduksi orang Indonesia,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa.

Penyelenggaraan IGDS dilaksanakan sejak 2001, dan sempat dilaksanakan dua tahun sekali selama periode 2012 – 2016. Sehingga IGDS tahun 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-16 kali.

“Hal ini menjadikan IGDS sebagai bentuk penghargaan bagi desain produk atau industri nasional tertua dan terbesar di Indonesia,” tambahnya.

Dalam penyelenggaraanya, IGDS 2019 dimulai dengan Open Calltanggal 23 Juli 2019 hingga 15 September 2019 dan malam penganugerahan pada tanggal 18 Oktober 2019 di Jakarta, di mana empat finalis akan melakukan presentasi final di depan tim juri untuk menentukan tiga terbaik dan Pemenang Grand Award.

“Sebagai bentuk apresiasi kepada para pemenang best three dan Grand Award, Kementerian Perindustrian menyediakan hadiah uang tunai dan international trip juga fasilitasi workshop atau pameran di luar negeri,” ungkap Gati.

Gati mengatakan, IGDS tahun ini bertema Indonesian Design Goes Globalyang akan memberikan empat penghargaan, yaitu 20 produk terbaik, penghargaan People’s Choicediberikan kepada satu produk yang dipilih secara online, penghargaan Best Three yang diberikan kepada tiga produk terbaik, serta penghargaan Grand Awardsebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik.

“Dalam empat jenis penghargaan tersebut terdiri dari enam kategori yaitu, produk furnitur dan home décor, produk industri kriya, produk perihiasan dan aksesoris fesyen, kemasan inovatif, alas kaki dan apparel, serta perlengkapan kantor,” jelas Gati.

Penyelenggaraan IGDS2019 ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik.

Baca juga: Kemenperin pacu daya saing desain IKM lewat ajang IGDS 2019

Baca juga: Pacu desain produk industri, Kemenperin gelar IGDS 2019


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tingkatkan daya saing produk ke pasar dunia melalui desain

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar