Risiko resesi global lebih tinggi daripada pada tahap apa pun sejak (krisis keuangan global) dan AS tidak kebal
Tokyo (ANTARA) - Harga minyak naik di perdagangan Asia pada Rabu pagi, dengan minyak mentah Amerika Serikat (AS) menguat satu persen setelah laporan persediaan menunjukkan stok AS turun lebih besar dari yang diperkirakan, dibantu berkurangnya kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi akibat perang perdagangan AS-China .

Minyak mentah Brent naik 37 sen atau 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 59,88 dolar AS per barel pada pukul 02.20 GMT (09.20 WIB). Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 55 sen atau 1,0 persen, menjadi diperdagangkan di 55,48 dolar AS per barel.

Saham-saham minyak mentah AS turun tajam pekan lalu karena impor turun, jatuh 11,1 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi untuk penarikan 2,0 juta barel, data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API), menunjukkan.

Laporan mingguan pemerintah AS akan dirilis Rabu pagi waktu setempat, dan jika angka resmi mengkonfirmasi data API maka itu akan menjadi penurunan mingguan terbesar dalam sembilan minggu.

"Penarikan persediaan minyak mentah yang sangat besar, setidaknya untuk saat ini, telah mengistirahatkan malapetaka resesi dan kemuraman AS yang telah menggantung di pasar minyak seperti awan gelap," kata Stephen Innes, Managing Oartner di Valor Markets.

Namun kekhawatiran tentang pertumbuhan global di tengah perang perdagangan yang berkecamuk antara Amerika Serikat dan China cenderung membatasi keuntungan.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Senin (26/8/2019) bahwa ia percaya China tulus tentang keinginan untuk mencapai kesepakatan, sementara Wakil Perdana Menteri China Liu He mengatakan China bersedia untuk menyelesaikan perselisihan melalui negosiasi "tenang".

Namun demikian, pada Selasa (27/8/2019), kekhawatiran tentang perdagangan muncul kembali setelah kementerian luar negeri China menyatakan bahwa mereka tidak mendengar adanya pembicaraan melalui telepon baru-baru ini antara Amerika Serikat dan China tentang perdagangan, dan mengatakan mereka berharap Washington dapat menghentikan tindakan yang salah dan menciptakan kondisi untuk pembicaraan.

Harga minyak mentah telah jatuh sekitar 20 persen dari tertinggi 2019 yang dicapai pada April, sebagian karena kekhawatiran bahwa perang perdagangan AS-China merusak ekonomi global, yang dapat mengurangi permintaan minyak.

"Risiko resesi global lebih tinggi daripada pada tahap apa pun sejak (krisis keuangan global) dan AS tidak kebal," kata Morgan Stanley.

Kementerian Perdagangan China pekan lalu mengatakan akan memberlakukan tarif tambahan lima persen atau 10 persen pada 5.078 produk yang berasal dari Amerika Serikat, termasuk minyak mentah, produk pertanian dan pesawat kecil.

Sebagai pembalasan, Trump mengatakan dia memerintahkan perusahaan-perusahaan AS untuk mencari cara menutup operasi di China dan membuat produk-produk di Amerika Serikat.

Baca juga: Harga minyak naik, akhiri penurunan empat hari beruntun

Baca juga: Harga emas naik signifikan, dipicu jatuhnya saham Amerika Serikat

Baca juga: Dolar AS melemah, investor beralih ke aset aman

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019