Polisi selidiki kasus pembuangan bayi

Polisi selidiki kasus pembuangan bayi

Petugas saat mengevakuasi tubuh bayi yang ditemukan di sungai brantas, tepatnya Desa Gandekan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (29/8/2019). (Antara Jatim/ istimewa)

Blitar (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, melakukan penyelidikan kasus temuan jenazah bayi yang diduga dibuang sebab ditemukan di Sungai Brantas, tepatnya Desa Gandekan, Kabupaten Blitar.

"Kami masih melakukan penyelidikan temuan mayat bayi ini yang diperkirakan jenis kelaminnya perempuan. Kami akan melakukan autopsi untuk mengetahui penyebab kematiannya," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kota Blitar AKP Heri Sugiono di Blitar, Kamis.

Ia mengatakan, jenazah bayi tersebut pertama kali ditemukan warga terhanyut di Sungai Brantas melewati penyeberangan. Jenazah itu lalu ditepikan oleh warga dan temuan itu langsung dilaporkan ke polisi.

Polisi yang mendapatkan laporan itu juga langsung ke lokasi kejadian, meminta keterangan sejumlah saksi mata termasuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Jenazah bayi yang diperkirakan masih baru dilahirkan itu juga langsung dibawa ke rumah sakit untuk proses autopsi.

Saat ditemukan, ari-ari bayi juga terlihat kering. Namun, kondisinya sudah mulai membusuk. Polisi kini meminta warga terutama perangkat yang mengetahui ada ibu hamil dan sudah melahirkan agar melapor ke petugas guna dilakukan pendataan.

"Kami juga mengharapkan bantuan dan informasi dari masyarakat, mungkin ada tetangga yang hamil dan hari ini melahirkan atau beberapa hari sebelumnya, agar diinformasikan ke polisi terdekat," kata dia.

Muhaimin (45), warga yang mengetahui jenazah itu awalnya tidak mengira benda yang terseret arus air itu adalah sesosok bayi. Dirinya kaget dan dengan rekannya langsung berusaha untuk menepikan tubuh bayi tersebut.

"Tadi kami melihat mayat bayi yang terhanyut di sungai brantas melewati penyeberangan, akhirnya ditepikan," kata Muhaimin.

Lokasi temuan jenazah bayi itu sempat menjadi perhatian warga. Mereka penasaran dengan informasi temuan jenazah itu, sehingga ingin mengetahui secara langsung ke lokasi, yakni Desa Gandekan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Daerah tersebut merupakan wilayah hukum dari Mapolresta Blitar.

Baca juga: Polres Pekalongan ungkap kasus pembuangan bayi perempuan

Baca juga: Polisi Tangkap Seorang Ibu asal Lampung Pelaku Pembuangan Bayi

Baca juga: Polisi periksa saksi penemuan mayat bayi

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar