Papua Terkini - Panglima TNI kirim kendaraan pengamanan ke Papua Barat

Papua Terkini - Panglima TNI kirim kendaraan pengamanan ke Papua Barat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat tiba di Makodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Selasa (3/9/2019) (Antara/Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan segera menambah kendaraan yang dibutuhkan untuk membantu proses pengamanan di wilayah Papua Barat.

Saat berkunjung ke Manokwari bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima berpandangan situasi keamanan di Papua Barat berangsur pulih. Ia mengapresiasi upaya personel TNI dan Polri pada pengamanan tersebut.

Baca juga: Papua Terkini - Massa dilokalisir, Manokwari kondusif

Baca juga: Papua Terkini- Wiranto: Akses internet di Papua normal 5 September 2019

Baca juga: Papua Terkini - 48 orang ditetapkan tersangka kericuhan Papua


"Dukungan logistik akan terus kita kirim melalui Makassar atau pun Jakarta baik melalui jalur laut maupun udara. Personil yang bertugas di sini maupun yang ditugaskan dari daerah lain kita pastikan tidak akan mengalami kendala," ujarnya.

Logistik yang dibutuhkan antara lain, makanan, obat-obatan serta bahan kontak lainnya. Pengiriman akan segera dilakukan untuk menjamin personel dapat menjalankan tugas secara baik.

Panglima bersama Kapolri terus melakukan evaluasi terkait penempatan pasukan keamanan di Papua Barat pascakerusuhan beberapa waktu lalu, termasuk diantaranya tentang kebutuhan kendaraan pendukung keamanan.

"Kendaraan pengamanan segera kita kirim, diantaranya kendaraan patroli dan lain-lain. Melalui pendekatan ini kami berharap Papua Barat bisa benar-benar aman seperti sebelumnya," sebut Hadi.

Baca juga: Papua Terkini - Wiranto bantah minta bantuan asing tangani Papua

Baca juga: Papua Terkini - Wiranto tegaskan jalan referendum Papua sudah tertutup

Baca juga: FUIB Sulsel usulkan Wapres JK turun ke Papua


"TNI, Polri dan pemerintah kita sama-sama berupaya agar situasi keamanan di Papua dan Papua Barat segera pulih. Dengan demikian pembangunan berjalan lancar dan masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman," ujarnya menambahkan.

Dalam kunjungan ini, Panglima dan Kapolri serta Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan memberikan arahan kepada personil keamanan yang diperbantukan dari daerah lain.

Pertemuan yang dipusatkan di Aula Markas Kodam XVIII/Kasuari itu berlangsung tertutup. Dari Manokwari rombongan Panglima dan Kapolri melanjutkan kunjungan ke Jayapura, Papua.

Pewarta: Toyiban
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wakil DPRD Papua dan Papua Barat minta pemerintah buka ruang dialog

Komentar