Kalsel siap menjadi "tuan rumah" HPN 2020

Kalsel siap menjadi "tuan rumah" HPN 2020

Arsip: Logo HPN 2019. (pwipamekasan.com) (pwipamekasan.com/)

Banjarmasin (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap kembali menjadi "tuan rumah" atau pelaksana Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 secara nasional.

Kesiapan itu terlontar dalam rapat pleno Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel yang dipimpin Sekretarisnya Yusni Hardi di Banjarmasin, Selasa siang.

Ketua PWI Kalsel Ir Zainal Helmie mengatakan, kesiapan provinsinya sebagai tuan rumah HPN 2020 tersebut juga atas dukungan Gubernur setempat, H Sahbirin Noor.

"Bahkan Paman Birin (panggilan akrab terhadap Sahbirin Noor) akan mengerahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel guna menyukseskan pelaksanaan HPN 2020 tersebut," ujarnya.

"Dukungan Paman Birin tersebut bukan cuma ucapan/lisan, dalam bentuk tertulis yang disampaikan kepada Pengurus Pusat PWI," lanjut Helmie yang juga Redaktur Pelaksana Harian Umum Mata Banua.

Baca juga: Wiranto apresiasi rencana HPN 2020 di Papua

Baca juga: PWI merencanakan peringatan HPN 2020 di Papua

Baca juga: Sumut siap jadi tuan rumah HPN 2020


Guna memeriahkan atau menyemarakkan HPN 2020 yang secara nasional peringatannya di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel juga akan ada berbagai kegiatan antara lain pameran pers melibatkan perusahaan media massa.

"Kita berharap pelaksanaan HPN 2020 di Kalsel pada Februari mendatang lebih baik atau paling tidak jangan menurun dari kegiatan HPN sebelumnya," demikian Zainal Helmie.

Harapan serupa dari mantan Ketua PWI Kalsel dua periode, Drs Fathurrahman, serta penasihat pengurus organisasi kewartawanan tertua di provinsi itu, H Guntur Prawira SE yang juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Umum Barito Post.

Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk empat juta jiwa lebih sudah beberapa kali sebagai tuan rumah HPN atau pesta akbar insan pers secara nasional antara lain ketika Presiden Soeharto dan Megawati Soekarnoputri.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Indeks kemerdekaan pers di Sultra tertinggi se-Indonesia

Komentar