Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kabar muncul jelang peluncuran ponsel terbaru milik Apple iPhone 11, di antaranya soal desain ponsel pada 2020 yang berubah total dari produk-produk sebelumnya.

Analis Ming-Chi Kuo, seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu, memprediksi ponsel pintar Apple itu akan punya tiga hal penting yaitu desain pabrik yang sepenuhnya berbeda, dukungan jaringan generasi kelima (5G), dan pembaruan fungsi kamera.

Tiga hal yang berbeda pada iPhone terbaru dibanding produk-produk ponsel Apple sebelumnya diproyeksikan mendorong pertumbuhan penjualan perusahaan yang berbasis di California, AS itu.

Kuo mengatakan Apple masih menunggu hingga tahun depan untuk perubahan besar desain iPhone menyusul desain iPhone 11 diketahui hampir sama dengan iPhone X dan XS, kecuali pada modul kamera persegi.

Sebelumnya, Kuo mengatakan kamera iPhone yang akan diluncurkan pada 2020 akan memiliki sensor time of flight (ToF) yang dapat meningkatkan kualitas gambar dan berfitur realitas buatan (augmented reality).

Selain itu, layar iPhone terbaru itu akan berukuran 5,4 inci dan 6,7 inci, bukan 5,8 inci atau 6,5 inci seperti pada iPhone XS dan XS Max.

Sementara, Bloomberg melaporkan Apple akan mengusung teknologi sensor sidik jari yang menyatu dalam layar pada iPhone 2020. Demikian pula, pemindai wajah Face ID sebagai fitur keamanan tambahan.

Apple akan menayangkan peluncuran produk terbaru, iPhone 11, melalui kanal YouTube pada Selasa (10/9) waktu setempat.

Peluncuran itu sekaligus menandai langkah pertama Apple untuk menyiarkan peluncuran produknya melalui YouTube.

Pada 2018, Apple telah menggunakan Twitter untuk menyiarkan peluncuran produk mereka sebagai upaya untuk memperluas jangkauan konsumen.

Baca juga: Apple tuduh Google "picu ketakutan" atas keamanan iPhone

Baca juga: Ganti baterai iPhone tak bisa di sembarang toko

 

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019